GuidePedia

0



(Analisa/amirul khair) KONFERENSI PERS: Koordinator Dapil 3 Sumut DPW PKS Sumut Junaidi Parapat (kiri), Ketua PKS Deliserdang Mara Jaksa Harahap (tengah) dan Sekretaris M Darwis Batubara (kanan) melakukan konferensi pers terkait komitmen partai tersebut mengusung kadernya maju sebagai calon bupati pada pilkada Deliserdang.
Kabar KS -  Terinspirasi kemenangan satu putaran pasangan Gatot Pujo Nugroho dan Tengku Erry Nuradi (GanTeng) pada Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 7 Maret 2013 lalu membuat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) percaya diri untuk ‘membidik’ kursi Deliserdang 1 yang perhelatannya bakal digelar tahun ini.

Hasil perolehan suara GanTeng berada di urutan teratas mengungguli kandidat pasangan Nomor 4 Amri Tambunan yang juga Bupati Deliserdang dan RE Nainggolan menjadi salah satu rujukan bagi PKS untuk percaya diri memajukan kadernya sebagai calon bupati pada Pilkada mendatang.

Demikian disampaikan Koordinator Daerah Pemilihan (Dapil) Sumut 3 DPW PKS Sumut Junaidi Parapat SE bersama Ketua DPD PKS Deliserdang H Mara Jaksa Harahap MA dan Sekretaris M Darwis Batubara MA pada konferensi pers, Jumat (29/3) di rumah Makan Simpang Tiga Jalan Lintas Sumatera, Tanjungmorawa.

Kemenangan GanTeng pada Pilgubsu 2013 lalu dengan perolehan suara di Deliserdang menjadi salah satu rujukan dalam kalkulasi politik PKS sehingga siap maju sebagai orang nomor 1 di Deliserdang.
Junaidi menampik kesiapan PKS mengusung calon bupati pada pilkada Delisedang sebagai manuver politik agar mendapatkan posisi tawar dari calon lain yang maju terutama dari parpol bila tidak dapat nomor 1 dapat alternatifnya posisi calon wakil.

Sebab katanya, PKS punya mekanisme dan tahapan internal serta sudah menjadi komitmen partai yang saat ini didera kasus “Sapi Impor” bahwa pada Pilkada Deliserdang mereka tetap maju sebagai calon Deliserdang 1.
Rasa percaya diri PKS juga dilatarbelakangi peluang pada Pilkada Deliserdang cukup besar untuk menang mengingat incumben tidak bisa lagi maju dan PKS sendiri memiliki cukup banyak kader bagus untuk ‘dijual’.
Ditambahkan Mara Jaksa, PKS tetap komitmen untuk memajukan kadernya sebagai calon bupati bukan calon wakil. Bila ada parpol lain berminat dengan calon PKS, mereka harus mau di posisi wakil.

“PKS siap maju. Kami membidik DS 1” tegasnya.

6 Kader Diluncurkan
Pada kesempatan tersebut PKS meluncurkan 6 nama kader terbaik mereka sebagai calon bupati Deliserdang yakni, Drs H M Idris Lutfi Rambe M Sc (Anggota DPR RI), H M Nuh (Anggota DPRD Sumut), H Satrya Wibowo ST MM (Sekretaris Umum DPW PKS Sumut), Junaidi Parapat SE (Koordinator Dapil Sumut 3 (Deliserdang) DPW PKS Sumut), H Mara Jaksa Harahap MA (Ketua DPD PKS Deliserdang) dan H Syaiful Tanjung S Sos (Ketua Fraksi PKS DPRD Deliserdang).

Keenam nama tersebut papar Mara Jaksa ditetapkan sesudah melalui proses tahapan penjaringan pemilu internal partai setahun sebelumnya. Dari enam nama tersebut setelah diserahkan kepada DPP PKS akan mengerucut menjadi 2 nama dan sebelum masa pendaftaran calon legislatif 22 April 2013 mendatang ditutup akan diketahui.

Komunikasi Politik 
Dikarenakan kursi PKS di DPRD Deliserdang hanya 5 dan membutuhkan 3 kursi lagi, Junaidi mengaku pihaknya sudah membangun komunikasi politik dengan parpol lainnya untuk berkoalisi.

Pada dasarnya, semua partai memberikan isyarat mau berkoalisi dengan PKS namun belum sampai kepada titik ‘deal-deal’ politik. Sampai saat ini hanya PKS yang sudah berani memunculkan sikap terkait Pilkada Deliserdang dengan komitmen mengusung kadernya sebagai calon bupati.

Sedangkan partai lain, sampai saat ini belum juga mendeklarasikan calonnya termasuk Demokrat yang sudah mencukupi syarat mengajukan calon sendiri tanpa harus berkoalisi dengan partai lain.

PKS papar Junaidi sangat terbuka lebar untuk berkoalisi dengan partai lain baik poros Islam seperti, Partai Bintang Re formasi (PBR) Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) maupun partai poros nasional.

“Komunikasi politik dengan parpol lain sudah ada. Bahkan hampir semua partai punya keinginan sama. Tapi biasanya semua akan terlihat di last minute” tandasnya seraya menegaskan, PKS tegas siap maju sebagai calon bupati Deliserdang. [analisadaily.com]

Post a Comment

 
Top