GuidePedia

0
Kabar PKS - Payakumbuh, Padek. Se­jak dipimpin Riza Falepi dan Suwandel Muchtar, Pa­ya­kum­buh langsung ditetapkan Ke­menterian Sosial sebagai PKS alias Percontohan Kota Sejahtera. De­ngan menjadi PKS, Payakumbuh akan menerapkan pela­yanan satu atap dan terpadu dalam me­nye­lesaikan 22 per­­masalahan sosial.

Kabar Pa­ya­kum­buh ditetap­kan sebagai PKS, dite­rima Padang Eks­pres dari Wali Kota Riza Fa­lepi, Selasa (2/4) malam. Me­nurut Riza, Paya­kumbuh dite­tapkan sebagai percontohan kota sejahtera, bersama 6 daerah lainnya di Indonesia.

Keenam daerah itu adalah Bantaeng (Sulsel), Kota Metro (Lampung), Kabupaten Tanah Laut (Kalsel), Kabupaten Sra­gen (Jateng), Kota Sukabumi (Jabar) dan  Kabupaten Berau (Kaltim).

Untuk membahas pene­tapan Payakumbuh sebagai PKS, Riza diundang Mensos Salim Segalf Al-Jufrie meng­ikuti rapat di Jakarta, tadi malam.

Menurut  Riza, rapat dipimpin Dirjen Pember­da­yaan Sosial dan Pe­nang­gu­langan Ke­mis­ki­nan Hartono Laras.

Riza menye­but, kota atau ka­bupa­ten sejahtera meru­pakan model pena­nganan dan pem­berdayaan Pe­­nyan­dang Ma­salah Kese­jah­te­raan Sosial (PMKS) tahun 2013.  Daerah yang ditunjuk se­ba­gai per­contohan, dinilai punya ko­mitmen tinggi dalam mene­kan angka kemiskinan dan pem­berdayaan masalah kese­jah­teraan sosial.

Menurut walikota, bagai­mana bentuk nyata dari program Kota atau Kabupaten Sejahtera itu, masih dibahas tadi malam.

"Kita akan ber­upaya, pen­canangan program Kota/Ka­bupaten Sejahtera oleh Men­teri Sosial  berlang­sung di Payakumbuh," kata Riza. [padangekspres]

Post a comment

 
Top