GuidePedia

0


Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri DPP PKS Taufik Ramlan 
KABAR PKS - Istanbul (19/4)- Permasalahan warga Indonesia di luar negeri seringkali terlewatkan dari perhatian publik. Hal itu tidak saja karena kurang cekatannya pemerintah dalam menangani permasalahan warga Indonesia, tetapi juga karena kurangnya pembelaan di lembaga dewan. Oleh karena itu, PKS menilai sudah saatnya ada daerah pemilihan tersendiri untuk warga Indonesia di luar negeri. “Tidak perlu jumlah kursi yang besar, tetapi perlu ada wakil untuk warga Indonesia di luar negeri yang jumlahnya tidak kurang dari 2 juta jiwa,” ujar Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri DPP PKS Taufik Ramlan Wijaya disela-sela acara konsolidasi pengurus Pusat Informasi dan Pelayanan (PIP) PKS di Kota Istanbul, Turki, Sabtu (27/4).

PKS usulkan paling tidak suara WNI di luar negeri diwakili oleh 5 anggota DPR. Pembagian kursi tersebut, ujar Taufik, bisa dibagi dalam wilayah: Australia dan Pasifik, Amerika, Eropa masing-masing satu kuris, dan dua kursi dari Asia. “Dengan adanya wakil rakyat dari dapil luar negeri, maka para anggota dewan itu nantinya bisa menjadi fasilitator bagi permasalahan yang dihadapi warga dengan pemerintah di pusat,” ujar Taufik Ramlan.

Menurutnya, hal tersebut tidak lantas mengabaikan peran kedutaan besar RI yang ada di banyak Negara, justru anggota DPR dapil luar negeri akan menjadi mitra pemerintah selain menjadi saluran komunikasi untuk advokasi permasalah WNI di luar negeri. “Kita sadar bahwa permasalahan tenaga kerja, pelajar dan juga para professional Indonesia di luar cukup kompleks, maka kehadiran anggota dewan dapat juga menjadi ajang agregasi atas perlindungan mereka di luar negeri,” tutur Taufik lagi.

Usulan ini, ujar Taufik, merupakan masukan dari kader-kader PIP PKS yang kadang menemukan hambatan dalam mengadvokasi permasalahan WNI di luar negeri. “Jika ada wakil rakyat dari dapil luar negeri, dari partai apapun dia, maka wajib membantu dan memfasilitasi warga kita yang sebagiannya merupakan penyumbang devisa Negara,” pungkas Taufik.


Post a Comment

 
Top