GuidePedia

0

Kabar PKS - Jakarta, Hasil monitoring konsultan social media Vcomm dalam rentang waktu 29 Maret 2013 – 4 April 2014 terhadap aktivitas online pendukung empat pasangan Cagub/Cawagub NTB mengambarkan dukungan terbesar pada Cagub/Cawagub NTB nomor 2 pasangan Suryadi Jaya Purnama - Johan Rosihan (SJP-Johan).

“Pendukung Cagub/Cawagub NTB SJP-Johan memang sangat intens melakukan sosialisasi melalui jaringan social media terutama twitter,” jelas CEO VComm Arif Hidayat, melalui siaran persnya, Jum’at (5/4).

Ditegaskannya, dari keseluruhan pembicaraan di seluruh aktivitas online pasangan SJP-Johan sangat dominan dibicarakan dengan total exposure mencapai 96%.

Gambaran dukungan juga terlihat dalam pembicaraan di twitter yang dengan nitizen choice untuk pasangan SJP-Johan mencapai 83,9%.

Sementara hasil monitoring Fan Pages Faceebook tergambar dukungan untuk pasangan Drs. H. Harun Al Rasyid - DR. H. Lalu Muhyi Abidin (harun-muhyi) cukup mengalami peningkatan dibandingkan di saluran media lainnya.

“Dalam Fanpages Facebook, pasangan Harun-Muhyi mendapat porsi 24% meskipun masih jauh dari pasangan SJP-Johan yang mencapai 63% pendukung.” Terang Arif.

Tingginya dukungan online terhadap pasangan SJP-Johan disebabkan pola komunikasi terintegrasi yang dibangun oleh partai pendukung pasangan ini. “PKS sebagai partai pendukung SJP-Johan memang sangat intens menggerakan kadernya untuk melakukan sosialisasi melalui saluran online,” terang Arif.

Dukungan Kader PKS bukan saja berasal dari wilayah NTB, namun hamper seluruh wilayah dari Sumatera hingga Sulawesi melakukan sosialisasi yang cukup massif.

“Memang lokasi mentwitte informasi terbanyak dari NTB sebanyak 31%, namun dari daerah lain cukup dominan seperti Jakarta sebesar 17.9&, Jawa Barat 11,65%, Sulsel 6,31%, bahkan dari Aceh, Riau juga ada meskipun tidak sebanyak dukungan dari pulau Jawa,” jelas Arif.

Menurut Arif, dukungan online terhadap Cagub/Cawagub NTB terlihat dinamis, namun hasil pengukuran VComm sejak 2 minggu lalu tetap didominasi oleh pasangan SJP-Johan.  
[sumbawanews.com]

Post a Comment

 
Top