GuidePedia

0


KabarPKS.com - Bandung - Ketua Kelompok Komisi Pertanian Fraksi PKS, Habib Nabiel Al-Musawa, memandang alokasi RAPBN 2014 untuk sektor pertanian sangat tidak mendukung pengembangan sektor tersebut. Ketidakseriusan negara dalam membangun sektor ini terlihat dari alokasi anggaran yang diberikan.
"Untuk pertanian, anggarannya sebesar Rp 15,4 triliun pada RAPBN 2014, Jika dibandingkan dengan APBN 2013, anggaran Kementerian Pertanian turun Rp 909,5 miliar,” ujar Habib kepada "PRLM", Kamis (22/8).
Pertanian itu menyumbang dan menyerap tenaga kerja paling besar, tapi justru pemerintah tidak perhatian kepada pertanian." Katanya mau mendukung program swasembada 5 komoditas pangan, tapi kok kenapa anggarannya malah diturunkan?" Katanya.

Untuk mewujudkan program swasembada pangan harus ada komitmen dari lintas sektoral. "Contoh untuk jaringan irigasi primer yang berada di bawah Kementerian PU yang lebih dari 50 persen rusak berat. Kalau mau dihitung berapa persen dari APBNP 2013 Kementerian PU Rp. 83,3 triliun yang dialokasikan untuk memperbaiki jaringan irigasinya," ujarnya.(A-71/A-107)
(pikiran-rakyat)

Post a Comment

 
Top