GuidePedia

0

KabarPKS.com - Samsul Bahri, kader PKS Surakarta yang sudah pulang kampung ke Magelang ini ternyata bisa juga sukses hidup di pedesaan. Lulusan UNS jurusan pendidikan Ekonomi ini mantap pulang kampung usai menyelesaikan kuliannya di UNS. Dan kemantapannya tidak sia-sia, di usianya yang ke 27, ia sudah memiliki jaringan Petani yang sangat banyak yang ia himpun dalam bentuk koperasi.

Meskipun Samsul sarjana ekonomi, rupanya ia sangat menggemari pertanian. Jadi tidak heran kenapa ia memilih pertanian sebagai lahan bisnisnya. Samsul berhasil membentuk koperasi yang di namakan "Sekar Bumi". Koperasi ini tempat berkumpulnya para petani di daerah magelang. Koperasi memiliki visi untuk ikut membina petani dan mensejahterakannya.

Beberapa produk yang sudah di hasilkan diantaranya adalah Jagung manis dan Buncis. Khusus Buncis bahkan sudah terjual hingga Singapura. Samsul mensuplay perusahaan eksportir di setiap bulannya untuk di kirimkan ke Singgapura. Samsul mengatakan, perkembangannya cukup bagus, permintaan cukup banyak. "Asal bersungguh-sungguh dan mau belajar ada jalan kok" ungkap Samsul.

Selain koperasi Petani, Ia memiliki jaringan peternak kambing dan Toko Bangunan yang lumayan besar. Sama seperti koperasi petani, jaringan peternak yang dimiliki samsulpun juga ratusan peternak. Kunci samsul agar bisa bertahan dan terus wirausaha hingga sukses adalah hidup simpel tapi serius, Ide sedikit langsung action.


(saudagarpks.com)

Post a Comment

 
Top