GuidePedia

0
13761259661949569383

Serangan Kepada PKS yang Tiba-Tiba, Bertubi-tubi dan Membabi Buta, Mendaulat PKS Sebagai Partai Paling Siap Memimpin Bangsa Ini.  Kemampuannya menahan itu semua menunjukkan PKS memiliki orientasi yang sudah benar. Seorang pengusaha sukses pernah menyampaikan pengalaman suksesnya, bahwa bila langkah kita mulai banyak tantangan dan hambatan serta banyak pihak yang meras perlu mengganjalnya, berarti langkah menuju sukses yang diambil sudah benar.

Karena hidup bersama adalah perkara orientasi hidup yang sama. Kita hadir sebagai suatu bangsa karena percaya bahwa NKRI bisa menaungi kebersamaan kita. Dengan demikian tugas partai politik sebuah bangsa sebagai refresentasi rakyatnya harus mengisi orientasi bangsa ini dengan jelas dan dengan nilai yang diyakini oleh masyarakatnya. Sehingga masyarakat merasa tenang dan terus bersama secara de-jure dan de-facto dengan pemerintah dalam  segenap dinamikanya.

Sebenarnya bukan benar salah tindakan kepemimpinan yang membangkitkan kebersamaan dengan seorang pemimpin. Misalnya kasus Aa Gym yang pengajiannya surut gara-gara beliau berpoligami. Anggap saja poligami ini kesalahannya (ini kita anggap saja poligami ini tindakan yang salah), kemudian beliau relatif waktu itu ditinggalkan oleh publik. Tapi apakah dengan poligaminya Bung Karno yang lebih dahsyat dan fenomenal, apakah itu membuat beliau salah dan dihujat serta ditinggalkan?

Berarti bukan salah benar yang membuat kebersamaan dalam kepemimpinan. Karena justru sebagian kelemahan dari pemimpin adalah sebuah warna lain yang bisa membuat warna malaikatnya sedikit hilang, dan nampak juga sisi kemanusiaannya. Itulah yang kemudian membuat sang pemimpin lebih sebagai kesamaan yang melahirkan rasa lebih setara yang berbuah ikatan kebersamaan dengan mereka yang dipimpin.

13761268271960173028

Hanya saja kita mesti menaruh itu dalam kadar proporsional sehingga tidak melahirkan pengkultusan yang seolah-olah membolehkan kesalahan yang ada. Formulanya hrus tepat, sehingga seorang pemimpin tidak ditempatkan sehebat malaikat tapi juga tidak sebejat iblis. Namun untuk kaidah-kidah normatif yang bisa kita jadikan rujukan manusia yang baik, seorang pemimpin tidaklah cacat.

Dengan catatan hal-hal terkait kepemimpinan tidak bisa ditawar. Bahwa kemampuan memimpin dan mengorientasikan mereka yang dipimpin adalah hal penting. Bila ini tidak ada, saya pikir; kepemimpinan tidak bisa mentolerirnya. Maka syarat ini memang tidak bisa harus ada. Pemimpin tanpa orientasi dan kemampuan mentransformasi orientasi menjadi gerak yang signifikan adalah awalnya kehidupan yang menjadi bancakan bangsa-bangsa lain yang lebih berpikir maju, kompak dan sudah eksfansif.

13761268711274858435

Maka, bangsa ini harus memilih pemimpin yang punya orientasi dan punya kapasitas serta daya dukung tim yang solid untuk mentransformasikannya menjadi gerak bersama sebuah bangsa. Dimana tim ini bergerak dalam jejaring yang mampu mengakar sampai ke simpul-simpul masa yang sangat akar rumput dengan berbagai pelosoknya.

Sementara orientasi yang ditawarkannyapun harus merupakan pilihan terbaik dalam menyelamatkan hidupnya dalam kemanusiaan yang sebenarnya dalam konsep kehambaan yang benar. Bila tidak maka orientasi yang digunakan itu hanya akan membuat hidup dalam perbaikan yang tambal sulam dan kembali tumbuh berganti. Atau hanya hanya erbaikan yang tidak konstruktif memutuskan berbagai kesalahan dari akar masalah.

Disinilah perlunya kejelian dan kedalaman para ulama dan akademisi untuk memberikan pengajaran kepada publik. Bila tidak maka anugerah ilmunya tidak menjadi keberkahan dalam kebaikan.

1376126924838048749

Sudah selayaknya bila diskusi antar partai itu tidak lagi diseputar pat gulipat kepentingan partai yang terasa parsialisnya. Terlebih hanya pada permasalahan yang remeh temeh. Seharusnya diskusi partai mulai mengurai kesamaan langkah yang bisa diarahkan menjadi kerja berdasarkan prioritas yang sama dan disepakati bersama. Dalam meraih orientasi-orientasi bangsa yang besar.

Amin Rais sampai bilang PAN sendiri tak perlu berpikir soal capres Hatta Radjasa. Tapi mari pikirkan seorang pemimpin yang memiliki orientasi kerakyatan dalam pemikiran hidup rakyat yang sehat, maju dan mensejahterakan. Jadi bukan lagi soal salah benar saja. Tapi mari kita lihat milestone kita adalah merangkai kebersamaan.  Sederhananya menurut beliau, kalau dia mampu merubah kontrak-kontrak kerja yang salah orientasi, maka dia bisa berani mengoerientasikan kebaikan untuk hal-hal yang baik dan berpihak lainnya.

Termasuk hal-hal yang penting adalah orientasi keagamaan dari rakyat dan bangsa ini. Karena ini adalah sumber kepercayaan yang menenangkan dan meneguhkan. Sehingga rakyat terpuaskan dan merasa dalam ketenangan. Awal yang teramat baik bila rakyat itu tenang, sadar dan mau hidup bersama. Inilah pangkal keberhasilan kepemimpinan itu.

1376126307258267733

Belum lama ini seorang anggota MPP PKS mempublikasikan hasil temuannya berupa alat pemindai aktivitas otak pada simposium internasional di San Fransisco. Orientasi-orientasi yang berbasis pengembangan kecerdasan manusia yang lebih beradab dan maju untuk nilai kemanusiaan yang lebih mulia dibutuhkan oleh bangsa ini. Sehingga orientasi bangsa ini tidak terbawa arus cara hidup yang dijejalkan beebagai mafia keburukan yang menerkam bangsa ini.

Tentu saja dalam kerendahan hati seorang muslim yang ingin menunjukkan adanya nilai islam yang tinggi diatas semua ideologi yang ada, sebagai rahmatan lil ‘alamin, maka kami meyakini nilai-nilai islam yang sejati yang harus kita buka bersama akan memberi jalan kepada orientasi hidup bersama yang baik. Dia menenangkan ke dalam, meneguhkan dari gangguan luar dan menjaga dari pengrusakan.

Kita lihat dari mekanisme khutbah Jum’at yang pekanan, khutbah tahunan, sampai gerak ilmu dan amal di ramadhan atau haji, dan banyak lagi; yang bisa kita menjadikan langkah kesepakatan langkah yang akan memberi manfaat solusi bagi permasalahan selama ini.
Saya pribadi yang turut serat mengembangkan bisnis busana muslim dari pertahun dalam kisaran 5M yang dalam kurun kurang dari 10 tahun berkembang menjadi hampir 1T, menunjukkan sebuah keyakinan bahwa busana berbentuk kebutuhan seorang muslim saja bisa menjadi pasar yang sangat menarik sampai saat ini.

Untuk dunia politik saya menilai PKS bersama beberapa partai yang memiliki integritas lainnya akan mampu memberikan orientasi yang benar terhadap kehidupan berbangsa di negeri ini. Berbagai tekanan yang belakangan datang dengan tiba-tiba dan bertubi-tubi serta membabi buta menyerang PKS seolah mendaulat PKS lah yang harus mengambil posisi leading terhadap kepemimpinan dan perbaikan bangsa ini. Berbagai ide perbaikan akan tumbuh subur dalam masyarakat yang terpimpin dengan ketenangan dan kedamaian.

Sumber: kompasiana.com

Post a Comment

 
Top