GuidePedia

0
KabarPKS.com - Jakarta - Kementerian Pertanian menyatakan produksi kakao akan lebih baik pada 2014. Harapan tersebut diiringi dengan Gerakan Nasional (Gernas) kakao.

Menteri Pertanian, Suswono mengatakan, produksi kakao untuk mendukung industri kakao sebagai upaya hilirisasi. "Pada dasarnya begini, kita memang akan mendorong untuk hilirisasi ya, industri kakao ini harus tumbuh karena prospek produksi kakao ke depan ini juga akan membaik dengan Gernas kakao yang sudah kita lakukan. Memang diharapkan ada peningkatan produksi kakao yang signifikan untuk mengimbangi agar produksi tetap tumbuh dan ada suplai bahan baku kan," ujar Suswono saat ditemui di kantornya, Jumat (20/9/2013).

Suswono menjelaskan, saat ini untuk memenuhi kebutuhan industri masih mendatangkan impor kakao. Agar impor kakao mudah masuk diberikan insentif dengan pembebasan bea masuk kakao. "Kalau saja untuk sementara bahan baku memang belum bisa dipenuhi dari dalam negeri, maka tentu saja memang perlu ditopang dengan tambahan dari luar negeri melalui impor. Tetapi sekali lagi ini hanya raw material. Kalu raw material memang menurut saya kalau diberi keringanan tidak akan ada masalah. Sepanjang tadi jangan kemudian menekan," tutur Suswono.

Suswono menuturkan, pembebasan bea masuk kakao sifatnya hanya sementara. Alasannya untuk mengimbangi kekurangan industri. "Pembebasan bea masuk kan sifatnya sementara, untuk mengimbangi kekurangan bahan baku industri yang ada. Sepanjang seperti itu memang tidak ada masalah. Tentu saja nanti ketika produksi kita sudah mencukupi dari dalam negeri kita bisa kenakan lagi bea masuk," kata Suswono.

Menurut Suswono, penerapan bea keluar juga dianggap efektif untuk menekan ekspor kakao mentah. Itu juga untuk kepentingan industri. "Yang jelas dengan penerapan bea keluar yang ada sekarang yang sudah kita tingkatkan dan progresif nampaknya cukup bagus. Industri tumbuh jadinya, selama kita tidak ekspor bahan mentah, terbangun industri baru tidak lagi kita mengekspor bahan mentah atau biji-bijian," tutur Suswono. (inilah)

Post a Comment

 
Top