GuidePedia

0



KabarPKS.com - Kuala Lumpur - Menteri Pertanian Suswono mengatakan persediaan beras nasional pada 2013 dalam kondisi aman karena pasokan mencukupi sehingga harganya juga relatif stabil. "Stok beras aman. Jagung juga telah swasembada," kata Mentan Suswono di sela-sela menghadiri pertemuan ke-35 Menteri Pertanian dan Kehutanan ASEAN (AMAF) di Kuala Lumpur, Kamis (26/9).

Ia menyebutkan produksi beras nasional dalam 20 tahun terakhir ini mengalami peningkatan meskipun rata-rata di bawah 3 persen. Untuk tahun ini, katanya, diharapkan ada peningkatan meskipun tidak besar, sekitar lima persen.

Sementara dari sisi pasok, ia juga menyebutkan lancar dan normal terutama di pasar induk cipinang yang rata-rata 2.000 ton per hari. Pada 2012, produksi beras nasional mencapai 39,1 juta ton dengan konsumsi sekitar 33,4 juta ton sehingga ada surplus sekitar 5,6 juta ton.

Sementara itu, untuk kedelai sangat dipengaruhi oleh harga di pasar internasional mengingat Indonesia masih bergantung terhadap pasokan impor. Konsumsi kedelai di dalam negeri mencapai 2,4 juta ton. Hanya sekitar 800 ribu ton dipasok dari dalam negeri, sisanya impor. (Rol/PKS.or.id)

Post a Comment

 
Top