GuidePedia

0
Mahfudz Siddiq
@MahfudzSiddiq
















Ada banyak pertanyaan kenapa saya setuju serangan militer terbatas oleh AS ke Suriah. Saya akan jelaskan sbg pandangan pribadi.
  1. saat ditanya pers apa yg bisa hentikan aksi represif rezim militer Assad thd warga sipil Suriah? Saya jawab: serangan militer.

  2. pertanyaan itu muncul krn konflik bersenjata yg lama & tlah makan korban jiwa bgt banyak. Yg dihadapi warga sipil adl militer.

  3. sekian lama masy dunia dipertontonkan via media massa konflik politik di Suriah dgn nuansa tragedi kemanusiaan dahsyat.

  4. sblmnya banyak pihak serukan penyelesaian damai melalui resolusi konflik, dan ada bbrp upaya ke arah itu. Hasilnya nihil.

  5. konteks konflik ini adl pergulatan demokratisasi thd rezim otoriter-militeristik yg puncak kekuatannya di era pres Hafiz Assad.

  6. gelombang kesadaran masy sipil dlm arus demokratisasi Suriah adl bagian dr fenomena Arab Spring. Isu sentralnya perubahan rezim.

  7. Suriah sbgmn negara arab dan afrika utara lainnya punya kekhususan sikonnya sendiri dlm pergulatan demokratisasi.

  8.  Pertama, rezim Assad sgt represif thd aktor2 demokrasi dan semua pihak yg dipersepsi sbg lawan dan ancaman politik.

  9. sehingga saat momentum Arab Spring tiba, tdk ada kekuatan politik oposisi yg kuat dan mengakar. Suriah juga trmsk negara miskin.

  10. Kedua, kekuatan militer sgt mendominasi lembaga2 pemerintahan & sektor2 privat. Ideologi sosialis mengikatnya sbg sekutu Rusia.

  11. politik kekuasaan Suriah juga diwarnai sentimen aliran keagamaan, yaitu antara Syiah dan Sunni. Ada segregasi sosial yg kuat.

  12. faktor sentimen aliran menjadi ciri ketika dari sikon konflik Suriah saat ini. Hal ini juga pengaruhi aliansi politiknya.

  13. Asad yg beraliran syiah membuat aliansi politik kuat dgn Iran dan Hizbullah di Libanon. Rusia pun lbh dekat dgn Iran skrg ini.

  14. Keempat, aksi menuntut reformasi dan perubahan rezim didasari ketidakpuasan masy sipil dan dipicu oleh gelombang Arab Spring.

  15. ketiadaan kekuatan politik oposisi yg dominan membuat konsolidasi kekuatan masy sipil tdk begitu efektif di Suriah.

  16. Suriah sbg jalur penyangga bagi lalu-lintas senjata ke Libanon menciptakan pasar senjata ilegal yg luas. Ini jadi ciri kelima.

  17. dgn kelima ciri sikon di Suriah itu membuat rezim Bashar Assad tegas menolak semua tuntutan perubahan trmsk menolak dialog.

  18. bahkan dgn yakin rezim ini gunakan kekuatan militer hadapi demonstran secara represif, hingga pecah konflik terbuka bersenjata.

  19.  selain itu, Assad juga yakin bhw Iran dan Rusia akan mendukung penuh posisinya. Setidaknya tuk hadapi tekanan Amerika.

  20. ada bbrp justifikasi yg dibangun Asad untuk tindakan represif militernya thd warga spil.

  21. misalnya kelompok oposisi menolak kesepakan2 yg ditawarkan pemerintah. Lalu adanya unsur2 kelompok radikal/teroris dr luar.

  22. justifikasi lainnya adl kelompok masy sipil yg disusupi unsur radikal/teroris luar melakukan perlawanan bersenjata.

  23. mempertahankan kekuasaan bagi Asad sdh jadi harga mati. Sprt yg pernah ditegaskan pula oleh Khadafi sblm kejatuhannya.

  24. atau sama sprt yg dilakukan Saddam dgn represi militernya di Irak thd gerakan oposisi kaum sipilnya.

  25. realitas faktualnya korban jiwa sudah lebih dr seratus ribuan dan luluh-lantaknya kota-2 serta hancurnya fasilitas publik.

  26. jumlah korban akan terus bertambah jika konflik tdk sgr dihentikan. Namun tekad Asad bulat: habiskan semua kekuatan lawannya.

  27. smntr kelompok2 perlawanan sipil sdh terjebak dlm perang terbuka yg sulit dihentikan. Krn resiko politik jg mengancam mereka.

  28. situasi Suriah skrg nyaris sama sprt di Irak & Libia saat Saddam & Khadafi dgn "gelap mata" perangi rakyatnya secara militer.

  29. maka pertanyaannya kembali: apa yg bisa hentikan peperangan ini ? Tuk selamatkan rakyat sipil di Suriah.

  30. jawabannya satu: ketika kekuatan mesin miluter Asad dilumpuhkan. Ini yg akan paksa Asad lakukan resolusi konflik dgn rakyatnya.

  31. pertanyaan berikutnya: apa yg bisa lumpuhkan kekuatan mesin militer Asad ?

  32. menurut saya hanya operasi militer yg bisa lakukan itu. Yaitu ops militer thd instalasi dan sarana militer rezim Asad.

  33. saya sebut sbg "serangan militer terbatas". Bbrp hari kemudian Kongres AS setujui Obama lakukan "serangan militer terbatas".

  34. dan saya katakan bhw tdk sprt di Irak, tentara AS tdk boleh menginjakkan kakinya di tanah Suriah.

  35. rencana AS ditentang keras Iran dan Rusia. Asad bahkan ancam hal itu akan jadi perang kawasan. PBB dan Eropa pun gamang.

  36. jika serangan militer tdk jadi dilaksanakan maka posisi Asad di atas angin dan represi militer ke masy sipil akan berlanjut.

  37. tapi kita boleh juga berandai bahwa Asad akan berubah komformis dan buka ruang penyelesaian konflik secara damai dan dialogis.

  38. lalu apa kita bisa percayakan AS tuk lakukan serangan militer ini? Tentu saja tidak. Tapi mandat PBB juga bukan perkara mudah.

  39. dalam case Suriah kita akan temukan penyikapan yg beragam ttg srangan militer terbatas ini. Kita bisa pahami situasinya.

  40. kalau pandangan negara2 saja beragam, apalagi pandangan personal. Pertanyaan tersisa: "bgm selamatkan rakyat Suriah ?"
Hashtag: #suriah

Post a Comment

 
Top