GuidePedia

0
KabarPKS.com - Jakarta - Kemarin publik dikagetkan dengan berita kecelakaan yang melibatkan Abdul Qodir Jaelani atau Dul, anak pasangan musisi Ahmad Dhani dan Maia Estianty. Dul yang mengendarai mobil sedan Lancer B 80 SAL menabrak Gran Max B 1349 TFN dan Avanza B 1882 UZJ di tol Jagorawi, Minggu dini hari.

Akibat kecelakaan itu, setidaknya 5 orang dikabarkan meninggal, dan beberapa lagi mengalami luka serius, termasuk Dul dan temannya. Dul kini baru berusia 13 tahun, dan dianggap belum cukup umur untuk mengendarai mobil. Apalagi dia juga belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Kecelakaan Dul ini menambah panjang angka kecelakaan yang melibatkan anak-anak di bawah 16 tahun. Data kecelakaan sepanjang 2013 memang belum di rilis oleh Polda Metro Jaya. Tapi berkaca pada angka kecelakaan 2012 lalu, setidaknya terdapat 104 kasus kecelakaan lalu lintas dengan pelaku utama anak-anak di bawah 16 tahun.

Angka itu melonjak 160 persen dibanding tahun sebelumnya, 2011, yang hanya tercatat 40 kasus. Sementara kelompok usia lainnya, antara usia 22 sampai 30 tahun mencatat kenaikan 8,53 persen, selebihnya justru menurun antara 2-6 persen.

Anggota Komisi X DPR RI Surahman Hidayat mengatakan, data itu harus dijadikan sebagai peringatan bagi semua orang tua agar terus mengawasi anak sebaik-baiknya. Kejadian ini menjadi pelajaran bagi para orangtua, memberikan perhatian atau kasih sayang kepada anak tidak selalu dengan kemewahan, seperti membelikan kendaraan roda dua atau empat. 

Apalagi, dia melanjutkan, anak-anak itu masih di bawah umur. Sesuai dengan Pasal 81 ayat 1 dan 2, untuk mendapatkan SIM, setiap pengemudi harus memenuhi persyaratan usia, administratif, kesehatan dan lulus ujian. Untuk SIM A, C, dan D, minimal pemilik SIM harus berusia 17 tahun. Sedangkan B1 minimal 20 tahun dan B2 minimal 21 tahun".

Surahman melanjutkan, "pihak institusi pendidikan bekerjasama dengan Kepolisian hendaknya secara aktif memberikan pendidikan kepada para siswa, tentang hal-hal yang berkaitan dengan kesadaran berlalu lintas," terangnya. (merdeka)

Post a Comment

 
Top