GuidePedia

0


KabarPKS.com - Padang - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno menerima penghargaan piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Wiratama 2013 dengan peringkat Provinsi terbaik se-Indonesia, di Gubernuran, Padang, Sabtu (5/10/2013).
Hal ini diraih karena 8 dari 10 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat yang mengikuti lomba WTN 2013 berhasil meraih piala WTN 2013 di bidang tertib lalu lintas, 8 Kabupaten/Kota tersebut yaitu Kota Padang, Kota Bukittinggi, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Kota Pariaman, Kota Solok, Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Pasaman. Sementara dua Kabupaten yakni Tanah Datar dan Agam menerima Plakat WTN.
Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno yang juga kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengatakan bahwa penghargaan WTN akan dijadikan motivasi bagi Pemerintah agar lebih memperbaiki layanan dengan muara kelancaran dan ketertiban masyarakat dalam berkendaraan.

Irwan menambahkan bahwa keberhasilan meraih WTN Wiratama untuk Provinsi, merupakan buah kerja keras dari Pemerintah Kabupaten/Kota yang menerima penghargaan WTN bidang lalu lintas dan juga peran dari pihak kepolisian. Karena banyaknya Kabupaten/Kota yang mendapatkan piala WTN, sehingga pemerintah provinsi mendapatkan WTN Wiratama.
Namun demikian, dengan penghargaan yang diterima ini, bukan berarti kondisi lalu lintas di Sumatera Barat terbilang sangat baik, karena masih terdapat kemacetan di jam tertentu, "saya juga sering terima SMS mengadu masalah lalu lintas. Untuk itu, penghargaan WTN ini harus dijadikan komitmen kita agar lebih memperbaiki kualitas tata lalu lintas dengan menyempunakan rambu dan pengaturan", ujarnya.
Lebih lanjut Irwan menjelaskan, selain perbaikan tata kelola lalu lintas, hal yang harus dilakukan kedepannya adalah memperkuat koordinasi dengan pemerintah Kabupaten/Kota, khususnya yang belum mengikuti penilaian WTN agar serius melakukan penataan dan melengkapi rambu-rambu lalu lintas, "bagi daerah yang belum mengikuti penilaian WTN, nanti kita undang, Pemkab/Pemko yang berhasil akan dipertemukan dengan yang belum pernah mengikuti agar saling berbagi pengalaman", tuturnya. 

Gubernur yang mendapat gelar Datuk Rajo Bandaro Basa ini berharap tahun depan keikutsertaan dalam WTN harus ditingkatkan dengan mengikuti penilaian bidang tata kelola angkutan. Untuk itu, pemerintah Provinsi akan membenahi dan menyediakan trasnportasi publik yang layak serta nyaman bagi masyarakat, "tahun ini yang kita ikuti baru WTN bidang tertib lalu lintas, tahun depan harus ikut bidang tata kelola angkutan," tegasnya.
Ia mengingatkan agar semua ini jangan diartikan sekedar mengejar penghargaan tetapi berlomba memperbaiki layanan bagi masyarakat, "kita benar-benar siapkan angkot, travel, bus yang layak dan memenuhi syarat. Jika kita mampu memberikan layanan transportasi yang baik bagi masyarakat, maka apresiasi akan datang sendiri," pungkasnya.
Sebagai ungkapan rasa bangga. Piala Wahana Tata Nugraha-WTN Wiratama yang diterima Pemprov Sumatera Barat, serta piala dan plakat WTN yang diterima 10 Kabupaten/Kota, diarak berkeliling Kota Padang oleh iring-iringan pasukan Dinas Perhubungan.
Turut adir dalam kesempatan tersebut Bupati/Walikota yang menerima penghargaan didamping oleh kadis Perhubungan dan personil masing-masing, Kadis Perhubungan Sumbar Ir. Murdika beserta beberapa pejabat dilingkungan Dinas Perhubungan Sumbar. 

Berikut rincinan penghargaan WTN yang diperoleh :

1. Penghargaan WTN Wiratama untuk pemerintah Provinsi Sumatera Barat
2. WTN kategori lalu lintas Kota Besar , Kota Padang.
3. WTN kategori lalu lintas Kota Sedang, Kota Bukittinggi, Payakumbuh
4. WTN kategori kota kecil, Padang Panjang, Pariaman, Solok, Painan, Lubuk Sikaping
5. Penghargaan Plakat WTN , Lubuk Basung ( Kab. Agam) dan Batusangkar ( Kab. Tanah Datar).

Sumber: PKS.or.id

Post a Comment

 
Top