GuidePedia

0


KabarPKS.com - STABAT - Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 85 Tahun 2003 diharapkan menjadi momentum revitalisasi gerakan kepemudaan di Sumatera Utara. Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho, ST mengharapkan gerakan kepemudaan semakin ditingkatkan di bidang kewirausahaan untuk mendorong perbaikan ekonomi Sumatera Utara yang lebih baik ke depannya.

Hal itu disampaikan Gubsu pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke58 Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang dipusatkan di Kabupaten Langkat, Senin (28/10). Gubsu menjadi pembina Upacara yang dihadiri Ketua DPRD Sumut Saleh Bangun, Bupati Langkat Nongesa Sitepu, Dan Lanud Soewondo, Wadan Lantamal dan unsur FKPD Kabupaten Langkat.

Dikatakan Gubernur yang juga kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, pemerintah memiliki harapan besar agar organisasi kepemudaan ikut mendorong para pemuda untuk terjun ke dunia usaha. Karena peningkatan jiwa kewirausahaan di kalangan pemuda merupakan satu program pemerintah yang saat ini terus digiatkan. 

"Pemerintah sudah mengeluarkan peraturan tentang pembentukan Lembaga Permodalan Kewirausahaan Pemuda yang merupakan upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan pemuda Indonesia," ujarnya.

Upacara yag digelar di Lapangan Amir Hamzah Kompleks Perkantoran Pemkab Langkat ini  berlangsung khidmat dengan Gubsu sebagai pembina upacara. Gubsu membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olah Raga RI Roy Suryo yang menekankan harapan pemerintah agar semua organisasi kepemudaan dapat menyesuaikan diri dengan UU no 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan. Hal ini dikarenakan bulan Oktober ini belaku secara penuh UU tentang Kepemudaan tersebut.

Hal luar biasa lainnya bersamaan dengan peringatan Sumpah Pemuda tahun ini diterbitkannya Peraturan Pemerintah No. 60 tahun 2013 yang telah ditandatangani presiden SBY pada 12 Setember 2013 tentang Pembentukan Lembaga Permodalan Kewirausahaan Pemuda (LPKP). Peraturan Pemerintah ini diharapkan dapat memperkuat upaya-upaya pemerintah dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan pemuda Indonesia.

Dalam upacara tersebut Gubsu menyerahkan penghargaan kepada para pemenang pemilihan pemuda pelopor tingkat Provinsi Sumatera Utara. Adapun para pemenang pemuda dibidang Bidang Kepeloporan wira usaha adalah Aswan Swandy Hutagalung asal Kota Sibolga, Dody Herizal asal Kota Tebing Tinggi dan Sri Lestari dari Kabupaten Tapsel serta bidang Seni Budaya di menangkan Rani Ramadhani asal Kota Binjai.

Sementara itu, Hinda Gita Amelia asal Langkat yang menjadi Pemenang Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2013 yang tengah berada di Provinsi Kalimantan Timur mengikuiti peringatan Hari Sumpah Pemuda tingkat nasional dan sekaligus menerima Piagam Penghargaan dari Bapak Presiden pada Bidang Kepeloporan Kelautan Pemuda.

Post a Comment

 
Top