GuidePedia

0


KabarPKS.com - Istanbul - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pada hari pertama kunjungan kerjanya ke Turki, bertemu dengan Gubernur Istanbul Huseying Avni Mutlu. Heryawan diterima di Kantor Gubernur Istanbul sekitar pukul 15:00 waktu setempat atau pukul 19:00 WIB, Kamis (24/10/2013).
Heryawan mengutarakan hubungan baik Indonesia-Turki yang terbina sejak 1950 hingga kini terjaga dan terus meningkat. Selain ekonomi, kerjasama sosial-budaya juga berlangsung baik.
"Kami juga memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas partisipasi Turki dalam membantu saudara kami di Aceh pada tahun 2004 lalu, yang dilanda bencana tsunami," ujar Heryawan.
Gubernur Heryawan yang juga kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menegaskan, atas sejarah hubungan baik itulah, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengambil inisiatif untuk lebih meningkatkan hubungan kerjasama tersebut. Setidaknya, kata Heryawan, kerjasama antara Jawa Barat dengan Provinsi Istanbul.
Gubernur Istanbul menyambut baik inisitif yang diupayakan sejabatnya dari Jawa Barat.
Atas kesepahaman tersebut, Heryawan maupun Mutlu sepakat menjadikan Jawa Barat dengan Istanbul sebagai "Sister Province". Dalam lingkup ini, kerjasama berbagai bidang akan lebih terarah dan maksimal. Khususnya, sektor ekonomi-perdagangan, pendidikan, pariwisata, dan penembangan energi ramah lingkungan.
Lebih lanjut, Heryawan memaparkan secara singkat profil dan potensi alam Jawa Barat. "Dengan jumlah penduduk 45 juta orang, yang diprediksi mencapai 56 juta orang pada 2025, Jawa Barat kini memegang peranan utama dalam perekonomian Indonesia, melalui kontribusinya yang mencapai 17 persen," jelas Heryawan.
Ditambahkan, Jawa Barat juga dominan dalam sektor pertanian --tanaman pangan maupun perikanan. Selain itu, Jawa Barat juga pusat pendidikan tinggi dan industri strategis Indonesia.
Menanggapi pernyataan Heryawan mengenai peran lembaga pendidikan Turki di Bandung khususnya, dan Indonesia pada umumnya, Mutlu mengatakan, sekolah serupa telah beroperasi di puluhan negara.
"Melalui yayasan wakaf, pemerintah Turki telah memberi bantuan sosial kepada sejumlah negara dengan besaran Rp30 triliun per tahun," ungkap Mutlu.

Pertemuan kedua Gubernur diakhiri dengan tukar-menukar cenderamata. Turut menyaksikan Gubernur Asda 3 Ahmad Hadadi, Kepala Dinas Perdagangan Ferry Sofyan Arif, Kepala BKPMD Dadang Mohamad, dan Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Nunung Sobari. Selain unsur Pemprov Jawa Barat, turut mendampingi Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Nur Supriyanto.

Post a Comment

 
Top