GuidePedia

0
KabarPKS.com - Karimun – Anggota Komisi X DPR RI Herlini Amran sosialisaikan Budaya Membaca kepada peserta road show Gerakan Membaca di Kabupaten Karimun.

“Indikator Kemajuan suatu bangsa adalah maju nya teknologi dan ilmu pengetahuan. Tanpa Budaya baca masyarakat yang tinggi bagaimana bisa Bangsa maju?”Kata Herlini Amran, saat memotifasi Peserta Seminar Membangun Karakter Bangsa Melalui Membaca, di Karimun, Senin (11/11).

Menurut catatan BPS, pada tahun 2012 sebanyak 91.68% persen penduduk yang berusia 10 tahun ke atas lebih menyukai menonton televisi, dan hanya 17.66% persen yang menyukai membaca surat kabar atau majalah.

Begitu juga hasil kajian mengenai indeks pembangunan manusia tahun 2013 yang dirilis oleh UNDP menunjukkan bahwa Indonesia berada pada peringkat 121 dari 187 negara di dunia.

Untuk itu, Legislator asal wilayah Pemilihan Kepri ini, mendukung terus Program Gerakan Gemar Membaca dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) untuk melaksanakan “Road Show” mensosialisakan pentingnya minat baca di beberapa daerah di Indonesia terutama di daerah yang termasuk kawasan Terluar, Terpencil, dan Tertinggal (3T)yang  menjadi prioritas sosialisai Program ini terus.

Ia berharap, “Saya berharap Propinsi Kepri terus menjadi pioritas sosialisasi program Gemar membaca ini karena termasuk dalam wilayah 3T tersebut, “ujarnya

Menurut Herlini, Program ‘Road Show’ Gerakan Membaca merupakan salah satu trobosan yang cukup efektif, tapi ia mengingatkan PNRI untuk Profesional dalam melaksanakan program ini. Sehingga program ini efektif dan tuntas menumbuhkan minat Baca Masyarakat.
Herlini berharap, "Dengan menumbuhkan budaya gemar membaca diharapkan bangsa Indonesia segera dapat keluar dari keterpurukan menuju bangsa yang maju dan beradab. Tentu peran DPR akan mendorong alokasi anggaran yang berkeadilan bagi pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca ini sesuai dengan kinerja yg dilakukan pemerintah," pungkasnya.

Post a Comment

 
Top