GuidePedia

0

Jakarta- Untuk menentukan capres yang akan diusung di pemilu 2014 mendatang, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan menggelar Pemilihan Raya (Pemira) yang dikerjakan di bawah Lembaga Pelaksana Penokohan Kader (LPKK).
LPKK itu dipimpin Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS, Taufik Ridho.
Dengan itu, kata Taufik, PKS takkan melaksanakan konvensi atau munas dalam penentuan capres, seperti yang awam dilakukan oleh parpol lain di Indonesia.
"Tetapi langsung pemira yakni bagaimana PKS merespons gejolak kader dari bawah, untuk memunculkan capres independen dari internal PKS," kata Taufik di sela-sela konferensi pers Election Update dan Persiapan Pencapresan DPP PKS, di Jakarta, Kamis (21/11).
Mekanismenya adalah LKPP ditugaskan untuk penjaringan nama kader yang layak diajukan akhirnya ke Majelis Syuro sebagai capres dari PKS.
"Majelis Syuro nanti menentukan siapa capres yang diajukan PKS," kata Taufik.
Sebelum LKPP menentukan nama yang diajukan ke Majelis Syuro, arus bawah PKS akan memilih nama-nama yang layak dan diajukan dalam Pemira itu.
Hingga saat ini, PKS sudah memegang 22 nama calon yang diajukan dari kader di akar rumput.
Sebenarnya, nama yang muncul itu lebih besar. Namun beberapa diantaranya memilih mundur seperti dirinya sendiri, Ketua Majelis Syuro Hilmi Aminuddin, dan Wasekjen Fahrim Hamzah.
Sementara nama-nama yang masih menjadi calon adalah seperti para menteri PKS yang duduk di kabinet, Ketua Fraksi PKS Hidayat Nurwahid dan Walikota Depok Nur Mahmudi.
"Mereka tidak boleh kampanye sampai dipastikan siapa yang jadi capres," kata Taufik.
Wasekjen Fahri Hamzah menambahkan di dalam Pemira itu, nama-nama yang disiapkan LKPP itu akan diajukan untuk dipilih oleh warga PKS.
"Besok kita umumkan nama terakhir hasil verifikasi. Dari besok itu kemudian diselenggarakan Pemira 29-30 November," kata Fahri.
"Dari situ akan mengkerucut tiga hinga lima nama, digodok akhir ke Majelis Syuro. Dari Majelis Syuro, dilakukan musyawarah mufakat atau voting untuk pemilihan capres dan akan diumumkan ke masyarakat."
Fahri menambahkan diprediksi paling lambat pekan ketiga Desember, nama capres akan final.
Sumber: beritasatu.com

Post a Comment

 
Top