GuidePedia

1

Kabar PKS.com - Garut - Berdasarkan hasil perhitungan sementara Pemilukada Kabupaten Garut yang diselenggarakan pada hari Ahad (17/11/2013) kemarin, pasangan Rudi Gunawan-Helmi Budiman dapat dipastikan menjadi pemenang.
Hasil quick count yang dilakukan oleh Sawala Research Center (SRC), pasangan calon bupati-wakil bupati dengan nomor urut 8 itu mengungguli pasangan lainnya dengan selisih suara yang cukup tipis, yaitu sebesar 6,2%. Dengan hasil ini, maka 5 tahun ke depan Kabupaten Garut akan dipimpin oleh bupati dan wakil bupati yang baru.
Quick Count dilakukan pada pukul 13.00 – 15.30 WIB, dengan mengambil perolehan suara dari 400 TPS terpilih yang diacak menggunakan metode multi stage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin error sebesar 3 persen. Sedangkan metode pengambilan sampel, dengan memperhitungkan tingkat populasi.
Total suara yang masuk, pasangan Rudi Gunawan-Helmi Budiman memperoleh suara sebanyak 53,1 %, sedangkan pasangan lainnya Agus Hamdani-Abdusy Syakur hanya memperoleh suara sebanyak 46,9% dengan tingkat partisipasi pemilih sebanyak 62,8%.
Sampai dengan pukul 15.30 WIB, total suara yang masuk sudah mencapai 97 persen. "Walaupun belum mencapai 100%, namun sudah dapat diketahui calon mana yang dapat dinyatakan pemenang," ujar koordinator SRC, Diponegoro.
Sementara itu, lanjut Diponegoro bahwa tren tingkat partisipasi pemilih cenderung menurun, "pada putaran kedua partisipasi pemilih hanya 62,8%, turun 2,3% dibandingkan putaran pertama yang mencapai 65,11% (data dari KPU)." pungkasnya.

Post a Comment

 
Top