GuidePedia

0


KABARPKS.COM. ACEH (20/1) - DPW PKS Aceh menggelar pelatihan pembuatan deterjen bagi ibu rumah tangga di Desa Cot Rumpun, Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Minggu (19/1). Pemberdayaan ekonomi bagi perempuan khususnya ibu rumah tangga dipandang penting agar perempuan mampu berdaya dan membantu meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

“Bantuan ke masyarakat tidak hanya dalam bentuk uang, kalau uang sudah banyak orang kasih, dan uang pun akan cepat habis. Ada yang jauh lebih dibutuhkan masyarakat yaitu ilmu untuk mencari uang,” tutur Saifunsyah, Sekretaris Umum DPW PKS Aceh.

Ditengah melonjaknya harga barang serta meluasnya pengangguran terutama pasca konflik berkepanjangan dan tsunami di Aceh, PKS merasa pembekalan keterampilan ini menjadi  hal yang sangat penting. Saifunsyah berharap setelah mengikuti pelatihan pembuatan deterjen, masyarakat bisa mengembangkannya sendiri sehingga bisa terbentuk home industry di setiap desa.

“Jika ibu-ibu serius dan konsisten nantinya bisa menjadi home industry.  PKS siap untuk terus mendukung dan memberikan pendampingan. Bisa jadi ini akan menjadi salah satu desa binaan PKS,” kata Saifunsyah kepada para peserta.

Bukan Program Jelang Pemilu

Ketua DPD PKS Aceh Besar Irawan Abdullah mengatakan pelatihan ini telah rutin diselenggarakan di sejumlah desa di Kabupaten Aceh Besar. Targetnya semua desa di Aceh Besar bisa mendapatkan pelatihan yang sama.

“Ini bukan sekedar program menjelang pemilu. Kami sudah melaksanakan pelatihan ini rutin sejak lama dan akan terus berlanjut walaupun pemilu sudah usai,” ungkap Irawan.

Irawan menambahkan pelatihan cara membuat deterjen itu diharapkan dapat mengurangi beban kebutuhan rumah tangga, khususnya masyarakat menengah kebawah. Ia pun berharap setelah mendapatkan pelatihan itu masyarakat akan mencobanya sendiri, tidak hanya untuk kebutuhan rumah tangga tetapi juga bisa menjadi sumber mata pencaharian.

“Ini salah satu cara kita membantu meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

Post a Comment

 
Top