GuidePedia

0

KUDUS—Menghadapi situasi darurat bencana banjir dan longsor di kawasan pantura Jawa Tengah, tim Quick Response Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jateng berkoordinasi dengan warga dan aparat setempat untuk melakukan langkah evakuasi. 

“Kita mendirikan posko di masing- masing kota, seperti di Welahan Jepara, Mejobo Kudus, Juwana Pati dan hari ini kita membuka posko banjir di Genuk dan Mangkang Semarang,” terang Amir Darmanto, Ketua Bidang Kepanduan dan Olahraga (BKO) DPW PKS Jateng, Kamis (23/1/2014). 

Salah satu wilayah banjir terparah adalah di Desa Kirig, Mejobo Kudus. Di kawasan tersebut, PKS bersama masyarakat setempat segera mengirimkan bantuan ke daerah yang terisolasi banjir jarak dengan jarak tempuh 1,5 Km. 

“Di kawasan ini, paling tidak ada 5 desa yang hampir seluruh wilayahnya tenggelam. Sementara Desa Jepang, Gulang dan Mejobo adalah desa yang paling dekat. Posko PKS kita pusatkan di Desa Jepang dan balai desa di ketiga kelurahan ini menjadi tempat penampungan warga yang tempat tinggalnya terendam,” terangnya.

Salah satu hal mendesak yang dibutuhkan korban banjir di kawasan pantura ini, menurut Amir adalah makanan, mie instan dan pakaian. Untuk itu tim QR PKS Jateng segera mengirimkan bantuan tersebut, meski harus menempuh jarak yang lumayan jauh dengan menggunakan alat transportasi perahu karet.

“Salah satu yang kami berikan adalah 1000 makanan fastfood nasi bungkus dan pakaian, terutama popok bayi yang memang sangat dibutuhkan untuk saat ini,” imbuh pria yang juga Anggota DPRD Kabupaten Demak ini.

Bantuan yang diberikan PKS Jateng melalui tim QR tersebut, tak pelak membuat warga setempat merasa senang. "Terima kasih kepada tim PKS yang telah berani menembus banjir membawa bantuan sampai kesini,” kata Sulikin, salah satu warga Desa Kirig, Kudus. 

Terpisah, di Semarang, akibat hujan terus menerus yang terjadi sejak kamis dini hari membuat jalanan di semarang bagian timur tergenang banjir dengan tinggi rata – rata 70-90 cm. untuk itu tim QR PKS Jateng yang berada di kawasan tersebut segera membuat dapur umum darurat yang dipusatkan di posko banjir PKS, di kawasan Jalan Wolter Monginsidi, Genuk.

Rencananya, nasi bungkus yang dibuat di dapur umum PKS tersebut akan dibagikan siang dan sore hari ini untuk warga korban banjir di Genuk dan kawasan Mangkang Semarang. 

Post a Comment

 
Top