GuidePedia

0
KabarPKS.com - Bandung – Opik Udjo mengaku surprise dengan pandangan PKS terhadap seni budaya. Ia tak menyangka bahwa partai yang lahir pada masa reformasi itu memiliki gagasan penting tentang kebudayaan. Hal ini disampaikannya pada acara “Sawala Budaya Bersama Anis Matta”, Minggu (8/12/13), di Saung Angklung Udjo, Bandung, Jawa Barat.
“Sejujurnya saya surprise, merasa kaget, tentang apa yang disampaikan Pak Anis. Ternyata pemahaman Pak Anis tentang seni budaya sedemikian jauh,” kata Opik, sesaat setelah Presiden PKS Anis Matta berpidato. Dengan rendah hati, seniman asal Bandung ini melanjutkan, “Apalagi, yang saya tidak tahu malah Pak Anis lebih tahu. Saya haturkan terima kasih telah membuat pencerahan untuk saya.”
Opik mengaku pada awalnya menganggap PKS sebagai partai yang anti kesenian. Pada pemilihan walikota Bandung beberapa waktu lalu, dirinya mendukung Ridwan Kamil. Namun keteika mengetahu Ridwan Kamil diusung PKS dirinya menjadi bingung. Tapi kemudian Kang Emil, begitu walikota Bandung 2013-2018 itu akrab disapa, menegaskan bahwa PKS juga mencintai kesenian dan kebudayaan. “Di situ saya semangat lagi untuk melanjutkan perjuangan,” kata direktur utama PT. Saung Angklung Udjo yang membawahi lebih dari 1000 pekerja ini. Orasi Anis Matta tentang budaya pada malam ini pun membuatnya semakin yakin.
Pria bernama lengkap Taufik Hidayat Udjo ini juga menyampaikan harapannya. “Saya yakin, apa yang disampaikan Pak Anis tadi adalah dari hati. Mudah-mudahan niat baik Pak Anis untuk mengembangkan sentral kebudayaan di Indonesia menjadi kekuatan luar biasa untuk  membangun Indonesia yang baru,” katanya.
Acara “Sawala Budaya Bersama Anis Matta” ini diprakarsai oleh Paguyuban Seniman dan Budayawan (Paseban) Bandung. Acara ini dimeriahkan dengan pertunjukan seni seperti tarian dan pencak silat. Acara yang berlangsung sekitar tiga jam ini dihadiri ratusan pengunjung dari berbagai kalangan, seperti budayawan, tokoh masyarakat, dosen, aparat pemerintah, seniman, dan masyarakat umum. (DLS/MFS)

Post a Comment

 
Top