GuidePedia

0


Saat banjir, genangan lumpur menjadi masalah tersendiri. Hal ini pula yang dialami warga di Kelurahan Jatirahayu yang padat penduduk. Hampir 200 kepala keluarga tinggal disini atau sekitar 4000 jiwa. Kawasan Jatirahayu yang letaknya berdekatan dengan bantaran Sungai Sunter ini kerap menjadi langganan banjir.

"Jika musim hujan maka air sungai sering meluap ke pemukiman warga sehingga banyak rumah yang kebanjiran dan lingkungan pun menjadi kotor akibat lumpur yang terbawa," ujar Yatim, Ketua RT 10, di RW 05 Kelurahan Jatirahayu (21/1).

Yatim pun menuturkan bahwa daerahnya tak hanya rawan banjir dan lumpur tetapi juga kebakaran. Pasalnya kepadatan pemukiman dan sempitnya akses jalan sempat membuat kebakaran beberapa tahun silam sulit tertangani mobil petugas yang terhalang akses. Akibatnya kebakaran pun menjalar dan mengakibatkan banyak kerugian.

"Pernah terjadi kebakaran disini. Api melahap hampir sepertiga pemukiman warga. Kami panik karena mobil pemadam kebakaran tidak dapat masuk kesini,” tutur Yatim.

Sampai akhirnya pada rapat RT, Yatim menuturkan ada salah seorang kader PKS DPRa Jatirahayu memberikan ide dan solusi untuk mengatasi hal tersbeut. "Maaf Pak RT, jika berkenan saya mengusulkan agar lingkungan  kita diupayakan memiliki  pompa air (penyedot lumpur) yang nanti akan bermanfaat bagi lingkungan baik di kala banjir maupun antisipasi kebakaran. Insya Allah saya bersama kader PKS  lainnya akan menggalang dana dan membuat proposal kepada donator," tutur Yatim menirukan ucapan kader PKS kala itu. "Alhamdulillah. Saya dan warga berterima kasih kepada PKS Jatirahayu yang telah memberikan bantuan dan solusi terbaik buat lingkungan kami,” imbuh Yatim.

"Sejak lingkungan kami memiliki  pompa air tersebut alhamdulillah lingkungan kami tetap bersih di kala banjir lumpur. Kami pun tidak khawatir lagi jika terjadi kebakaran karena pompa air tersebut juga berfungsi sebagai pemadam kebakaran mini. Terima kasih PKS,"  pungkas  Yatim menutup sambutannya pada rapat RT bersama warga.


Post a Comment

 
Top