GuidePedia

0
Seberapa mahal solusi dari masalah anda? masalah pernikahan, masalah usaha, masalah ketenangan jiwa, masalah lajang yang terus menerus tertunda masa pensiunnya? 

Sangatlah mahal untuk ukuran harta. Ada yang harus membayarnya dengan harga jutaan demi menebusnya di training-training motivasi. 

Ada yang bergegas menuju toko buku untuk mencarinya di katalog buku-buku "how to" bernilai ratusan ribu.

Ada yang berlari menuju konsultan dan konselor dan rela membayar tarif jutaan rupiah untuk beberapa sesi pembicaraan

Namun sering kali, sejatinya solusi itu tidak berada sejauh dan semahal yang kita kira. Ada kalanya solusi malah berada sangat dekat, sedekat kedudukan airmata dan pemiliknya. 

Perhatikanlah ketika seseorang lelaki takut dengan dosa besar dan ingin bertaubat. Jiwanya berpikir tidak ada pintu taubat yang terbuka dengannya. Dia merasa walaupun harta dan tubuhnya di bayar untuk menebus dosanya belum tentu dia mendapatkan pengampunan, namun ternyata Rasulullah bersabda: 'Hamba yang meneteskan air mata karena takut kepada neraka, niscaya neraka tidak akan membakarnya.'

Bukankah umar ketika membaca lembaran Alquran pertama dan menangis lalu kemudian kekafirannya sirna dan muncullah cahaya hidayah?

Pun kisah ketika pendosa selayak Qabil menangisi kesalahannya karena membunuh Habil dan tidak tahu cara untuk mengurusi jenazahnya. maka ALLAH mengirimkan gagak yang memberikan solusi kepadanya. 

Tidak terlupa juga bagaimana karena tangisan penyesalan sang Nabi Yunuslah, dia terlepas dari dalam perangkap perut ikan. 

Maka jangan remehkan air mata, karena boleh jadi disisi ALLAH, kedudukannya lebih tinggi dari harta yang sedang kita miliki. Jangan pula membuangnya untuk sesuatu yang murah. Selayak menangisi kekasih haram kita, apalagi hanya terisak-isak didepan film romantis abal-abal. 

Ingatlah, air mata seorang muslim sejatinya adalah tanda-tanda betapa dekatnya pengampunan dan solusi masalah yang sedang kita dihadapi. 

Hingga bila anda sedang bermasalah dan sulit mendapatkan solusinya cukuplah menangis dan adulah kepada Rabb kita saja. Dan temukanlah jawaban yang begitu menenangkan dan memenangkan, karena ternyata solusi banyak masalah itu bagi kita kaum muslim sejatinya hanyalah sedekat air mata. 

Oleh: Ustadz Rahmat Idris

Post a Comment

 
Top