GuidePedia

0



JAKARTA - Gubernur Irwan Prayitno menerima Penghargaan Cinta Karya Anak Bangsa dari Wakil Presiden Boediono di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (5/2/2014). Penghargaan ini diberikan lantaran Sumbar menduduki peringkat kedua berdasarkan penilaian kepada seluruh daerah dalam Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Irwan Prayitno yang juga kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menyampaikan, bahwa penghargaan ini merupakan sebuah motivasi yang baik agar produksi anak-anak bangsa lebih diperhatikan terutama di era persaingan kompetitif pasar dunia saat ini.

“Penghargaan ini merupakan kebanggaan kita bersama, bagaimana upaya memajukan produksi bangsa sendiri agar memiliki daya saing yang kuat dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Demi kemajuan dan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik, kita tingkatkan kualitas dan kuantitas serta kita gunakan produksi anak-anak bangsa sebagai kebanggaan bersama,” ungkap Irwan.

Dari hasil evaluasi TIM P3DN Provinsi Sumatera Barat laporan SKPD Triwulan II tahun 2013, penggunaan produksi dalam negeri dalam pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemprov Sumbar mencapai Rp. 52,75 Miliar (68,66 %) dan  nilai pengadaan barang-jasa Rp. 76.83 Miliar.

Penilaian P3DN sendiri dilakukan melalui kuesioner yang meliputi : Aspek komitmen (kebijakan Perda, Pergub, Instruksi Gubernur dan surat edaran), Aspek Perencanaan dan Pelaksanaan, serta kewajiban penggunaan Standar Nasional Indonesia (SNI). Disamping itu, juga kegiatan sosialisasi dan promosi P3DN serta pelaporan penggunaan produksi dalam negeri dalam pengadaan barang dan jasa sekali 6 bulan oleh SKPD kepada Gubernur dan oleh Gubernur kepada Timnas P3DN.


Post a Comment

 
Top