GuidePedia

0

Semarang (16/2) - Satuan tugas PKS Jawa Tengah (Jateng) mengaku siap mengamankan jalannya pemilu di semua area TPS, baik TPS kategori aman maupun rawan. Selain itu PKS Jateng juga memberikan dukungan saksi PKS yang tersebar di 35 kabupaten/kota se-Jateng.

"Kami akan adakan tim yang siap siaga memantau dan mengawal pemilu bebas kecurangan," kata Amir Darmanto, Ketua Badan Kepemudaan dan Olahraga (BKO) PKS Jateng.

Dalam pembekalan saksi PKS se-Jateng di Hotel Grasia Semarang, Minggu (16/2/2014),Ketua Pemilihan Umum (KPU) Jateng Joko Purnomo menghimbau kepada para saksi, hendaknya setiap sengketa yang terjadi bisa diselesaikan di masing – masing tingkatan.

“Setiap sengketa yang terjadi jangan sampai ditunda-tunda dan diselesaikan pada tingkatan selanjutnya,” jelas Joko dihadapan seluruh peserta pembekalan saksi PKS se-Jateng, Minggu (16/2/2014), di Hotel Grasia Semarang.

Hal lain disampaikan oleh Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Abhan Misbah terkait pentingnya peran saksi di masing – masing Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Peran saksi sangat penting di masing – masing TPS. Hal ini karena Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) tidak mampu untuk menjangkau semua TPS,” terangnya.

Misbah juga mengingatkan bahwa saksi itu harus cermat pada proses dan hasil pemilu. Dalam prosesnya kemungkinan banyak pelanggaran pelaksanaan pemilu bisa terjadi.  Salah satu peluang terjadinya pelanggaran adalah ketika surat suara itu diinapkan di tingkat kelurahan atau desa.

Dalam sambutannya Ketua Bapilu, Hadi Santoso menjelaskan saksi sangat menentukan kemenangan partai dalam penyelamatan suara mulai dari pemilihan sampai penghitungan suara nantinya.

“Pengalaman pemilu sebelumnya terjadi penggelembungan suara dan suara yang hilang. Untuk itu perlu ada pengawalan suara dari tingkat desa hingga tingkat provinsi," terang Hadi.

Pembekalan ini  untuk membekali saksi mulai teknis pencoblosan, pengajuan keberatan hingga penyelesaian sengketa Pemilu legislatif. “Para saksi ini diharapkan benar-benar menguasai dan mengetahui apa yang menjadi kewajiban dan haknya sebagai saksi. Termasuk ketika saksi dihadapkan pada sengketa," pungkasnya.

Post a Comment

 
Top