GuidePedia

0
Agam (23/3) – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno resmikan pemakaian Gedung SDN 15 Filial Sungai Taleh Jorong Talaok, Kabupaten Agam, Minggu (23/3) siang. Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Administrasi Umum Pemkab Agam Mulyadi, Camat Palembayan Aryati, Kepala Biro Humas Irwan, Kepala Dinas Pertanian Djoni, Kepala Biro Pembinaan Sosial Syahril, serta beberapa tokoh masyarakat Agam. 

Dalam kesempatan tersebut Irwan Prayitno menyampaikan, “Kita patut bangga dan senang dengan semangat bersekolah yang ada di masyarakat Jorong Talok, Nagari Beringin, Kecamatan Palembayan. Keinginan itu terlihat dari semangat membangun gedung SDN 15 Filial ini mudah-mudahan menjadi kemajuan bersama bagi seluruh masyarakat Jorong Talaok untuk hidup lebih sejahtera lagi.”
Menurut Irwan Prayitno, dalam data Pemerintah Provinsi Sumatera Barat semangat belajar orang Agam sudah cukup baik, walau masih ada beberapa daerah yang terpencil, terisolir, dan butuh perhatian pemerintah, baik Pemerintah Kabupaten Agam, Provinsi maupun Pemerintah Pusat. 
“Kita juga berharap orang tua murid agar ikut memperhatikan anak-anaknya untuk bersekolah secara baik dan benar, karena dengan  bersekolah lah kita dapat mengubah nasib kehidupan nantinya. Bapak dan Ibu boleh seorang petani tebu dan ubi, akan tetapi anak-anaknya mesti mampu menjadi orang sukses, baik di perkotaan maupun di daerah sendiri nantinya,” ungkap Irwan Prayitno. 
Irwan Prayitno juga mengisahkan bahwa banyak daerah yang telah meningkat kesejahteraan hidup masyarakatnya, karena mereka telah memiliki pendidikan yang lebih baik. Sekolah Dasar hingga SLTA belum cukup untuk menghadapi tantangan saat ini. Tambahnya, kita mesti mendorong anak-anak kita seminimalnya Sarjana. 
“Tantangan ini juga ada pada kebutuhan berbagai lembaga usaha swasta, BUMN atau BUMD serta penerimaan PNS dan lembaga lainnya. Pengetahuan anak sebatas SLTA masih perlu diasah dengan keterampilan dan pengetahuan pemanfaatan teknolgi Informasi yang berkembang pesat saat,” papar Irwan Prayitno.
“Namun dari kemajuan teknologi dan kemajuan lainnya secara finansial, kita juga jangan mengabaikan pelajaran nilai-nilai keagamaan baik disekolah maupun di masjid, mushala di lingkungan tempat tinggal. Pendidikan agama dan perilaku juga tidak kalah pentingnya, sehingga kita mampu melahirkan generasi muda yang berkarakter, mandiri dan maju,” lanjutnya.
Irwan Prayitno juga memaparkan bahwa pembangunan nagari suskes dan maju amat ditentukan dari kreatifitas masyarakatnya terutama dengan kemajuan dunia pendidikan di nagari tersebut. 
Camat Palembayan Aryati dalam kesempatan itu menyampaikan rasa terima kasih atas anggaran pembangunan jalan Padang - Koto Gadang - Palembayan sebesar 10 miliar Rupiah pada tahun 2014 ini. “Hal ini merupakan kerja keras bersama semua pihak, mulai dari perubahan status jalan kabupaten menjadi jalan provinsi sejak tahun 2011,” imbuhnya. 
Aryati menegaskan bahwa semua itu tidak lepas dari perhatian dan kepedulian Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama anggota DPRD yang ikut mendorong dan membantu pembangunan di Kabupaten Agam secara umum dan Kecamatan Palembayan secara khusus. 



Post a Comment

 
Top