GuidePedia

0

Padang (5/3)- Berdasarkan pada beberapa penghitungan suara sementara terhadap Pilkada Kota Padang, Mahyeldi-Emzalmi yang diusung oleh PKS dan PPP berhasil unggul dari Desri-James, kandidat lain yang diusung oleh beberapa partai, termasuk Demokrat, Gokar, PDIP, PAN, dan yang lainnya. Pilkada putaran kedua ini dimenangkan oleh Mahyeldi-Emzalmi dengan suara sekitar 1700.

Hasil penghitungan sementara Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Padang, kandidat PKS dan PPP mendapatkan 148.777 suara atau 50,23 persen dari perolehan suara di seluruh TPS di ibukota Sumatera Barat tersebut. Sementara Desri Ayunda dan James Helliward memperoleh 147.399 suara atau 49,77 persen. Meskipun penghitungan ini dilakukan oleh instansi pemerintah, penghitungan resmi tetap berdasarkan pada KPUD Padang yang diputuskan pada rapat pleno pada Selasa, 11 Maret 2014.

Berbeda beberapa desimal, penghitungan cepat  yang dilakukan Padang TV bekerja sama dengan lembaga survei MIKA, menunjukkan suara lebih banyak pada Mahyeldi-Emzalmi. Mereka mendapatkan 50,77 persen sedangkan Desri-James mendapat 49,23 persen suara dengan perkiraan error sampling sebesar satu persen.

Sementara itu, penghitungan langsung yang dilakukan Tim Sukses Mahyeldi-Emzalmi juga menunjukkan mayoritas suara warga Kota Padang kepada Mahyeldi-Emzalmi memperoleh 148.997 suara atau 50,29 persen. Sedangkan kandidat lawannya memperoleh 147.270 suara atau 49,71 persen. Penghitungan ini berbasis Formulir C1 yang diisi langsung oleh saksi dari setiap TPS di Kota Padang.

“Berdasarkan hitungan real kami, Mahyeldi-Emzalmi unggul 1.727 suara,” ungkap Ketua Tim Sukses Mahyeldi-Emzalmi, Murhalion dalam jumpa pers yang dilakukan Rabu (5/3) pukul 21.00 usai merekap data dari Formulir C1.

Dalam kesempatan itu, Murhalion menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh warga Kota Padang dan penyelenggara Pilkada yang telah mensukseskan Pilkada dengan suasana yang kondusif.  Muharlion juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pasangan Desri-James. Dia juga mengajak masyarakat untuk mengawasi dan menunggu penghitungan resmi dari KPUD Kota Padang.

“Kemenangan Mahyeldi-Emzalmi adalah kemenangan seluruh masyarakat Kota Padang. Karenanya kami menghimbau kepada kepolisian, panitia penyelengggara di tingkat kelurahan, kecamatan dan kota, rekan-rekan wartawan, serta masyarakat luas agar sama-sama menjaga kondisi keamanan,  mengawal penghintungan suara sampai akhir, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” pungkas Murhalion.

Post a Comment

 
Top