GuidePedia

0
JAKARTA – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menganggap Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersikap adil dan tidak melakukan tindakan diskriminatif  dalam menangani kasus pelanggaran kampanye. Pasalnya, Bawaslu hanya akan memanggil pimpinan PKS karena dugaan membawa anak-anak dalam kampanye. Sementara partai-partai lain yang melakukan hal yang sama tidak dipanggil.
“Ini jelas tidak adil dan cenderung diskriminatif. Partai-partai lain yang melakukan hal yang sama seharusnya juga dipanggil,” kata Ketua Bidang Humas DPP PKS Mardani Ali Sera, Rabu (19/3) di Jakarta.
Mardani menekankan, pihak penyelenggara sama sekali tidak berkeinginan melanggar aturan kampanye. Bahkan penyelenggara sudah mengeluarkan peringatan agar kader dan simpatisan PKS yang akan datang ke Gelora Bung Karno (GBK) tidak membawa anak.
Namun antusiasme yang begitu besar untuk hadir pada kampanye akbar, serta tanggung jawab menjaga dan mengurus anak sehingga mereka terpaksa membawa anak-anak.
“Ini sudah di luar kontrol penyelenggara karena massa begitu besar dan datang dari berbagai penjuru Jakarta. Ketika sudah sampai di GBK penyelenggara juga sulit menyuruh mereka kembali dan meninggalkan anak-anak di rumah,” jelas Mardani, yang juga anggota Komisi I DPR RI ini.
Namun demikian, lanjut Mardani, PKS akan memenuhi panggilan tersebut sebagai bentuk penghargaan pada Bawaslu. Sebaliknya Mardani meminta Bawaslu juga bersikap adil dengan memanggil juga pimpinan partai lain, yang juga melakukan hal yang sama dengan apa yang terjadi pada PKS.
“Bawaslu harus bisa bersikap adil. Panggil juga pimpinan partai lain yang melakukan hal yang sama. Karena anak-anak juga terlihat dalam kampanye partai-partai lain,” tandas Mardani.
Mardani meyakini, partai-partai lain pun, sebagaimana halnya PKS, tidak memiliki niatan untuk melibatkan anak-anak dalam kampanye. Namun situasi lapangan kadang sulit dikendalikan oleh panitia penyelenggara.
Karenanya Mardani meminta Bawaslu dapat melihat persoalan secara jernih dan menyeluruh agar keputusan yang diambil adil dan tidak bias.
Diberitakan sebelumnya, Bawaslu akan memanggil pimpinan PKS atas dugaan pelanggaran kampanye karena membawa anak-anak dalam kampanye. (HAS/Tajuc)

Post a Comment

 
Top