GuidePedia

0

KabarPKS.com - Pinrang, Bantaeng, Takalar (21/4) - Sidang pleno Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) di beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan menunjukkan hasil yang positif. Salah satunya, KPUD Kabupaten Pinrang pada Ahad (20/4) lalu memutuskan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai pemenang untuk Pemilu Legislatif Tingkat DPRD II Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. PKS meraup suara terbanyak dengan perolehan 26.340 disusul Gerindra dengan perolehan 25.459 dan Demokrat dengan 23.231 suara.
"Alhamdulillah target kita tercapai. Terima kasih kepada caleg dan kader atas perjuangannya," ungkap Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Pinrang Bahran Jafar. Bahran bersyukur atas perolehan PKS Pinrang yang dari Pemilu ke Pemilu selalu mendapatkan peningkatan dengan pencapaian tertinggi pada Pemilu Legislatif 2014 sebagai partai terbanyak mendapatkan suara di Kabupaten Pinrang.
Dalam kilas baliknya, Partai Keadilan (PK) pada Pemilu 1999 tidak mendapatkan kursi di DPRD Pinrang, pada Pemilu 2004 PKS berhasil "pecah telur" dengan mendapat tiga kursi, pada Pemilu Legislatif 2009 PKS mendapatkan empat kursi, sedangkan pada Pemilu kali ini dengan suara terbanyak PKS Pinrang mendapatkan lima kursi. Bahran juga mengungkapkan terima kasih kepada rakyat Pinrang yang sudah memberikan amanah kepada partai yang sering melakukan pelayanan kepada masyarakat tersebut.
Tren di "Tanah Tua" Kabupaten Bantaeng
Peningkatan suara juga terjadi di Kabupaten Bantaeng. Hasil sidang pleno KPUD Bantaeng kemarin (20/04) memutuskan Partai berlambang bulan sabit kembar itu menjadi juara di Bantaeng untuk tingkat DPRD. PKS memperoleh 13.228 suara disusul PKB 12.583, kemudian pada urutan ketiga ada Demokrat dengan 12.466 suara dan urutan keempat, Golkar dengan 10.583 suara.
Tren positif antar Pemilu juga terjadi di daerah yang oleh masyarakat sekitar disebut sebagai Butta Toa atau Tanah Tua (karena diperkirakan sudah ada peradaban sejak abad kelima Masehi) tersebut. Pada Pemilu 1999 PK tidak mendapatkan kursi di Bantaeng, pada Pemilu 2004 PKS mendapatkan satu kursi, Pemilu 2009 tetap bertahan dengan satu kursi. Dan, pada Pemilu 2014 PKS berhasil meraup empat kursi dan menjadi juara di kabupaten yang dipimpin oleh Bupati Nurdin Abdullah ini.
Tren di Takalar
Kabupaten Takalar juga berhasil meningkatkan tren peningkatan perwakilan asal PKS untuk DPRD Takalar. PKS Takalar berhasil mengamankan posisi wakil ketua 1 DPRD Kabupaten Takalar, karena berdasarkan pleno KPUD Takalar pada Ahad (20/04) PKS menjadi runner-up dengan perolehan 20.789 suara.

Dari Pemilu ke Pemilu PKS Takalar menunjukkan tren perolehan suara yang positif, pada Pemilu 2004, PKS mendapat dua kursi, pada Pemilu 2009 ada tiga kursi, serta pada Pemilu 2014 PKS mendapatkan empat kursi.

Post a Comment

 
Top