GuidePedia

0
REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Sumatera Selatan mengajak semua pihak untuk bersabar menunggu hasil resmi dari Komisi Pemilihan Umum, terkait dengan Pemilu Presiden 9 Juli lalu.


"Kami mengajak semua pihak untuk bersabar menunggu hasil resmi dari Komisi Pemilihan Umum, karena KPU adalah lembaga negara yang bekerja atas nama konstitusi," kata Juru Bicara Fraksi PKS DPRD Sumatera Selatan HM Tukul di Palembang, Senin (22/7).



Menurut dia, jika ada ketidakpuasan terhadap keputusan tersebut maka ditempuh melalui jalur sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan yang ada. "Kita bersama harus melawan semua bentuk provokasi yang mengganggu rasa aman masyarakat, apalagi ini dalam suasana bulan Ramadhan," katanya.



Ia menyatakan, fraksi itu juga memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah, kepolisian, TNI dan pihak-pihak terkait yang sudah mengawal pesta demokrasi di Sumsel berjalan cukup kondusif. "Hal ini, harus kita pertahankan, ke depan bahkan setelah keputusan KPU pada Selasa (22/7) tentang hasil pemilihan Presiden RI tahun 2014," ujarnya.



Sebagaimana diketahui KPU Sumsel sudah selesai melakukan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pasangan calon presiden-calon wakil presiden pada Jumat (18/7).



Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara di KPU Sumatra Selatan pasangan calon presiden-calon wakil presiden, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa unggul dengan meraih sebanyak 2.132.163 suara pada Pilpres 9 Juli lalu. Sementara pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla perolehan sebanyak 2.027.049 suara dari 15 kabupaten dan kota di Sumsel.



Tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu Presiden 9 Juli lalu di Sumsel mencapai 71 persen atau mengalami penurunan bila dibandingkan partisipasi pemilih pada Pemilu Legislatif 9 April lalu, kata Ketua KPU Sumsel, Aspahani.

Post a Comment

 
Top