GuidePedia

0
Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menang mutlak di Madura, Jawa Timur. Pasangan nomor urut satu ini menguasai perolehan suara di empat Kabupaten yang ada di Pulau Madura. Hal tersebut berdasarkan atas hasil rekapitulasi suara di tingkat Kabupaten yang digelar masing-masing Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Keunggulan perolehan suara Prabowo-Hatta sangat signifikan dibandingkan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). Seperti di Kabupaten Bangkalan, Prabowo-Hatta meraup 644.608 suara dan Jokowi-JK dapat 149.258 suara. Untuk Kabupaten Sampang Prabowo-Hatta raih 474.752 suara, sementara Jokowi-JK dapat 162.785 suara. Di Kabupaten Pamekasan, Prabowo-Hatta dapat 378.652 suara dan Jokowi-JK meraih 135.178 suara. Hal yang sama juga terjadi di Kabupaten Sumenep. Prabowo-Hatta dapat 332.956 suara dan Jokowi-JK raih 245.410 suara.

Bila ditotal perolehan suara Prabowo-Hatta se-Madura sebanyak 830. 968, sementara Jokowi-JK berjumlah 692.631 suara. Berarti Prabowo-Hatta unggul 138.337 suara dari Jokowi-JK. Menanggapi hal itu, Tim Pembela Merah Putih Didi Supriyanto merasa yakin kalau Pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa pun akan berjaya di Jawa Timur dan sebagai pertanda yang baik.  Namun menurutnya yang terpenting saat ini dilakukan adalah mengawal suara agar tidak hilang atau dicuri, dan meyakinkan kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa kepercayaan rakyat pada Prabowo-Hatta, telah ditunaikan melalui pencoblosan 9 Juli lalu. "Karena itu, semua elemen masyarakat harus menjaga amanah tersebut hingga pengumuman KPU 22 Juli nanti,” kata Didi kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (19/7).

Ketua Hukum dan Advokasi DPP PAN ini menegaskan, semua pihak harus menerima kenyataan dan legowo jika dikalahkan Prabowo-Hatta. “Jadi opini yang sudah telanjur menggiring bahwa pemenang pilpres adalah pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count, harus menerima kenyataan bahwa itu hanyalah prediksi berdasarkan sampling," paparnya.

Seperti di ketahui proses rekapitulasi untuk KPU Bangkalan, Sampang dan Sumenep sudah digelar pada Rabu 16 Juli 2014. Sedangkan untuk KPU Pamekasan baru menggelar rekapitulasi hari ini. Ketua KPU Kabupaten Bangkalan, Fauzan Jakfar mengatakan secara umum pelaksanaan pilpres di Kabupaten Bangkalan berjalan lancar dan kondusif. KPU melaksanakan tahapan pilpres sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Post a Comment

 
Top