GuidePedia

0


Kuala Lumpur –  Kader PKS harus terbebas dari permasalahan ekonomi merupakan salah satu karakteristik dalam tarbiyah. PKS Malaysia melalui divisi Diklat-nya mengadakan Pendidikan dan Latihan Wira Usaha pada Sabtu, 06/09/2014 di Kuala Lumpur.

Diklat yang diadakan satu hari penuh tersebut dihadiri oleh 20 orang lebih kader ikhwan akhwat Kuala Lumpur dan Selangor.  Seluruh peserta sebagian besar adalah kader-kader yang sudah memulai bisnis kecil-kecilan. Namun ada juga kader yang memang ingin menumbuhkan jiwa pebisnis.

Acara yang dihelat di kantor PIP PKS
Kuala Lumpur tersebut mengundang Robby Yanto dan Iwan Fuad dari JPMI (Jaringan Pengusaha Muslim Indonesia). Mereka menjelaskan bahwa pengusaha muslim (kader PKS) masih menggunakan terminology lama era 80an dalam berbisnis yaitu masih terbatas bisnis hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

JPMI memperkenalkan terminologi bahwa wawasan ekonomi Islam telah mengadakan revitalisasi orientasi ekonomi adalah bagian dari jihad yang mulia dan bukan hanya mencari keuntungan materi saja. Sehingga JPMI muncul sebagai sebuah gerakan kebangkitan ekonomi muslim untuk mengatasi permasalahan umat, mengangkat derajat kaum dhuafa dengan infaq, berhasil dalam bisnis dan semakin banyak infaq yang diberikan.

Sementara IwanFuad, menjelaskan sebuah gerakan baru dari JPMI dengan istilah GERBANG ESA yaitu sebuah gerbang kebangkitan ekonomi Indonesia sebagai jihad ekonomi. Karena kekuatan kapitalisasi dan kartel hanya bisa ditandingi oleh ekonomi Islam.

Gerakan ini harus menjadi gerakan yang terintegrasi dengan semua tatanan Islam yang sempurna. Gerakan yang menjadikan NKRI sebagai Negara yang penuh berkah. Perlu ada road map yang jelas bagaimana langkah-langkah implementasi dari gerakan ini. Tawaran dari JPMI disambut dengan antusias oleh para peserta dengan terbentuknya angkatan pertama kumpulan mastering (halaqohiqtishodiyah) yang akan langsung dibawah Robbyanto sebagai mentor.

Taufik Subhi Ahmad sebagai Kord Divisi Diklat PIP PKS Malaysia menegaskan bahwa kader-kader PKS di Malaysia siap menyambut terminology baru yang diperkenalkanoleh JPMI dan siap turut serta dalam “Jihad Ekonomi”. [TSA]

Post a Comment

 
Top