GuidePedia

0

Dr Usman Jakfar tengah memberikan sambutan


Kuala Lumpur - Ahad, 31/08/14 rakyat Malaysia sedang hingar-bingar menyambut hari kemerdekaannya. Pada hari yang sama, kader PKS di Malaysia memanfaatkan hari libur tersebut untuk mengadakan acara tahunan PKS Malaysia yaitu, “Satu Hari Bersama Manhaj” atau disingkat 1HBM.

Bertempat di Sekolah Al Amin Jelatek Kuala Lumpur, hampir dua ratusan kader termasuk anak-anak hadir menyemarakkan acara tersebut. Acara ini selain untuk ajang berkumpul dan menjalin silaturahim sesama kader, juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemahaman kader-kader PKS terhadap manhaj tarbiyah.

Beberapa indikasi keberhasilan tarbiyah kader menurut Ustadz Usman Jakfar dapat dilihat dari tiga aspek:
Pertama, al janib al ma’rifi: yaitu aspek pemahaman kognitif, maksudnya adakah semakin lama tarbiyah pemahaman kader terhadap tarbiyah semakin meningkat atau sebaliknya.
Kedua, al janib alwujdani: yaitu aspek perasaan (afektif), adakah rasa sebelum dan sesudah tarbiyah berbeda atau sebaliknya.

Ketiga, al janib al amali: atau aspek (psikomotorik), yaitu apakah amal seseorang setelah ditarbiyah meningkat dari sebelunya atau sebaliknya.

Untuk mengukur ketiga hal tersebut maka pada acara 1HBM tersebut diadakan perlombaan untuk menguji kemampuan para kader. Diantaranya adalah: Lomba Hafalan Al Qur’an yang terdiri dari empat kategori: ½ juz, 1 juz (30), 2 juz (29,30), 3 juz (28,29,30) untuk dewasa. Lomba Hafalan Hadits Arba’in untuk dewasa dan Lomba Cerdas Cermat seputar Aqidah, Fikih, Sirah, Tafsir, Tajwid, dan wawasan ke-Islaman lainnya.

Ada juga lomba untuk anak-anak yang terdiri dari: Lomba Shalat, Lomba Hafalan Do’a Harian, Lomba Wudhu’, Lomba Hafalan Al Qur’an (An Naba- Al Lail dan Ad Dhuha-An Nas), dan Lomba Menggambar Islami.

Perlombaan tersebut lumayan meriah. Bahkan ntuk menambah semangat peserta panitia menyediakan hadiah-hadiah menarik seperti HP Samsung, Blackberry, Vacuum Cleaner, Setrika dan Al Qur’an.

Acara yang diadakan dari pagi hingga sore tersebut dibuka langsung oleh ketua PKS Malaysia Dr. Usman Jakfar dan sambutan dari Ketua Kaderisasi Ustadz Musa Syarof.

Melalui acara ini kader-kader PKS di luar negeri masih sangat aktif, solid dan semangat. Serta menunjukkan bahwa kader-kader PKS dimana pun akan selalu menebar cinta dan manfaat kepada siapapun. [Hambari]



Post a Comment

 
Top