GuidePedia

0
SEMARANG—Komposisi baru Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah resmi dilantik pada Kamis (16/10). Sebanyak lima pimpinan yang diambil sumpah antara lain Rukma Setya Budi (Ketua-FPDIP), Sukirman (Wakil-FPKB), Feri Wawan Cahyono (Wakil-FPG), Agus Priyadi (Wakil-F Gerindra) dan Ahmadi (Wakil-FPKS).
Usai dilantik, salah satu pimpinan DPRD Jateng, Ahmadi menyatakan siap menjadi pimpinan DPRD untuk bekerja sama dengan pihak terkait mewujudkan parlemen bersih dan melayani. Ahmadi pun mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan sebagai pimpinan DPRD Jateng untuk periode 2014-2019.
“Kami menyadari amanat dan tugas sebagai pimpinan tidak dapat terselesaikan dengan baik tanpa bantuan pihak lain. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama yang baik antara eksekutif dan legislatif. Tentunya untuk mewujudkan parlemen yang bersih dan melayani masyarakat. Sehingga terwujud Jateng yang mandiri dan kreatif,” kata Ahmadi yang ditemui Jumat (17/10).
Usai pelantikan, Ahmadi bersama empat pimpinan lainnya akan menyelesaikan berbagai keperluan administrasi DPRD agar kinerja aspirasi dan pelayanan segera dapat dilakukan. Menurut Ahmadi, salah satu keperluan yang mendesak adalah pembentukan alat kelengkapan DPRD Jateng agar anggota dewan dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya sesuai tupoksi. Alat kelengkapan dewan itu antara lain, komisi A hingga komisi E, Badan Kehormatan, Badan Anggaran, Badan Musyawarah, dan Badan Legislasi.
“Ada satu agenda lainnya yang tak kalah penting, yakni pengesahan enam raperda tersisa dan pembahasan RAPBD 2015,” tandas mantan Wakil Ketua DPRD Kota Semarang ini.
Dalam pelantikan pimpinan DPRD tersebut, pengucapan sumpah dan janji kelima pimpinan dewan dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah, Daming Sunusi. Pelantikan juga disaksikan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, para anggota dewan, dan Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Jateng Sri Puryono.
Sementara, berdasarkan rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Jateng hasil Pemilu Legislatif oleh KPU Jateng (13/5), terpilih 100 orang anggota dewan Provinsi Jawa Tengah. Anggota dewan terpilih terdiri dari 23 orang perempuan dan 67 orang laki-laki.
Ahmadi sendiri terpilih menjadi Anggota DPRD Provinsi dari Dapil I Jateng (Kota Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Semarang dan Kabupaten Kendal). Ahmadi yang juga Sekretaris Umum DPW PKS Jateng ini, terpilih bersama sembilan aleg PKS Jateng lainnya.
Di kalangan legislator, Ahmadi bukan orang baru. Ia lama berkiprah sebagai aleg DPRD Kota Semarang. Banyak hal yang ia dapatkan selama berkiprah sebagai anggota dewan. Salah satunya Ahmadi berhasil menggolkan kebijakan terkait pendidikan gratis sekolah swasta. Pada saat itu, ia menganggap seharusnya tidak ada perbedaan perlakukan antara SD negeri dengan swasta sebagaimana amanat dari undang-undang.
Ahmadi juga pernah melakukan advokasi bantuan sosial kepada beberapa elemen masyarakat Kota Semarang dalam bidang kesejahteraan rakyat. Salah satu advokasi yang pernah ia lakukan antara lain bantuan sosial kepada para pengajar TPQ, madrasah diniyah, dan juga modin. Advokasi tersebut dilatarbelakangi tingkat kesejahteraan para pengajar TPQ dan Diniyah masih jauh di bawah UMR Kota Semarang.

Post a Comment

 
Top