GuidePedia

0
DELI SERDANG (27/11) - Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dari daerah pemilihan Deli Serdang menjalani reses masa sidang pertama tahun 2014. Mereka melakukan pertemuan dengan Bupati Deli Serdang, Ashari Tambunan, pada Senin (24/11) di kantor Bupati Deli Serdang.
Bupati dan para anggota dewan berdialog menyoroti beberapa persoalan di wilayahnya, seperti bagi hasil Kabupaten Deli Serdang dengan pemerintah provinsi yang perlu dievaluasi, peningkatan bantuan yang berasal dari Pemprov Sumatera Utara (Pemprov-SU), dan status jalan yang ada di Deli Serdang. 
Pada tahun 2013 target bagi hasil yang harus diserahkan ke Kabupaten Deli Serdang oleh Pemprov-SU, yakni lebih dari Rp 89 milyar, belum terealisasi sepenuhnya. Sedangkan di tahun 2014 target bagi hasil yang harus direalisasikan sebesar Rp 207 milyar, akan tetapi baru terealisasi sebesar Rp 106 milyar per tanggal 31 Oktober 2014.  
Bupati mengatakan sebagai salah satu kabupaten terbesar dengan jumlah penduduk yang lebih banyak di Sumut, masyarakat Deli Serdang berharap adanya peningkatan alokasi bantuan keuangan atau Bantuan Daerah Bawahan (BDB) yang berasal dari Pemprov-SU.
Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi C DPRD Sumut dari Fraksi PKS, Satrya Yudha Wibowo, mengatakan upaya DPRD yang akan mendorong pemprov untuk meningkatkan alokasi dana kepada Deli Serdang. “DPRD Sumut akan mendorong Pemprov-SU untuk meningkatkan bantuan keuangan yang berasal dari provinsi untuk Kabupaten Deli Serdang, karena kebutuhan pun lebih banyak. Maka bisa jadi Bantuan Daerah Bawahan yang diterima Deli Serdang paling besar,” ujarnya.
Satrya dan anggota DPRD Sumut yang lain juga akan mengusulkan beberapa jalan kabupaten menjadi jalan Arteri Primer (AP) RTR Mebidangro kepada pemprov. Salah satu jalan yang diusulkan ialah Jalan Pertahanan Patumbak, Kecamatan Deli Serdang. 
“Perbandingan kondisi Jalan Pertahanan Patumbak sebulan yang lalu berlubang dan becek. Saat ini sudah dalam proses pengerasan. Jalan ini termasuk ruas jalan kabupaten yang diusulkan Pemkab Deli Serdang menjadi jalan Arteri Primer (AP) RTR Mebidangro,” jelas Satrya saat meninjau langsung Jalan Pertahanan Patumbak, Rabu (26/11). 

Post a Comment

 
Top