GuidePedia

0

Padang (11/11) - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, melepas kontingen Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL) I Jambi. Selain melepas kontingen POPWIL, Gubernur juga memberikan bonus kepada atlet dan pelatih berprestasi Sumatera Barat dalam kejurnas antar PPLP (Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar-red) tahun 2013. Pelepasan kontingen POPWIL berlangsung di halaman Auditorium Gubernuran Sumatera Barat pada Selasa (11/11) sore. Acara dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Sumbar serta Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Priyadi Syukur. 
POPWIL I Jambi diselenggarakan tanggal 2 - 20 November 2014. Kontingen Sumatera Barat untuk POPWIL berjumlah 188 orang, terdiri dari 124 orang atlet, 22 orang pelatih, dan 42 orang official. Sedangkan cabang olahraga yang diikuti antara lain pencak silat, sepak takraw, tenis lapangan, bola basket, bola voli, bulu tangkis, tenis meja, dan sepak bola.
Keberangkatan Kontingen Sumatera Barat pada POPWIL I Jambi dibagi menjadi 3 gelombang. Gelombang pertama berangkat pada tanggal 7 November 2014 dan sudah mengikuti pertandingan di Jambi untuk cabang olahraga Bola Basket. Hasil sementara dari pertandingan bola basket, Tim Putra Sumbar akan melakukan pertandingan menuju seleksi semifinal. Sedangkan Tim Basket Putri Sumbar lolos ke babak semifinal.
Gelombang kedua Kontingen Sumbar berangkat pada tanggal 13 November 2014. Sedangkan gelombang ketiga diberangkatkan tanggal 14 November 2014. Kedua gelombang tersebut menuju Jambi melalui jalur darat.
POPWIL dijadwalkan dibuka tanggal 16 November 2014 pukul 08.00 WIB dan ditutup pada 20 November 2014 malam pukul 20.00 WIB. Kontingen Sumatera Barat dijadwalkan kembali ke Padang tanggal 21 November 2014.
Saat ini prestasi olahraga Sumatera Barat berkembang lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dibuktikan dengan prestasi Sumbar pada PON XVIII di Provinsi Riau dengan menduduki peringkat 11 besar nasional.  Pada PON Tahun 2012 tersebut Sumbar berhasil meraih 12 medali emas, 12 medali perak, dan 25 perunggu.
Pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XII tahun 2013 di DKI Jakarta, duta olahraga pelajar Sumatera Barat kembali menorehkan prestasi. Mereka berhasil menduduki peringkat lima besar nasional dengan meraih 12 medali emas.
Dalam sambutannya, Gubernur Sumatra Barat mengimbau kepada pelaku olahraga agar terus senantiasa membina, menggerakkan, dan memperbanyak acara, terutama olahraga prestasi. Kegiatan-kegiatan tersebut termasuk dalam upaya mempertahankan dan meningkatkan prestasi para atlet Sumbar di berbagai cabang olahraga.
“Pemerintah Provinsi akan selalu berupaya untuk terus mendukung dan memperhatikan kebijakan-kebijakan terhadap pembangunan pada bidang keolahragaan di Sumatera Barat. Sehingga, pemenuhan terhadap peningkatan prestasi olahraga dapat tercapai sesuai dengan harapan kita,” ujar Irwan.
Irwan menambahkan, "Raihlah kemenangan itu dengan sportivitas. Apabila nanti menang, jangan sampai menjadi sombong, tetap jaga kekompakan, dan jaga nama baik Provinsi Sumatera Barat.”
Pelepasan kontingen Sumbar untuk POPWIL I Jambi ditandai dengan pemasangan topi dan jaket kepada para atlet dan pelatih oleh Gubernur, Wakil Gubenur, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Barat. 
Gubernur juga memberikan penghargaan dan dukungan terhadap para atlet, pelatih, dan official yang telah melaksanakan latihan serta terus bersemangat mempersiapkan POPWIL tahun 2014. Selain itu, Gubernur juga memberikan apresiasi   kepada atlet dan pelatih Sumbar yang telah berjuang mengharumkan Ranah Minang di Kejurnas antar PPLP se-Indonesia tahun 2013. Pemprov Sumbar memberikan hadiah kepada atlet dan pelatih berprestasi dengan total Rp 430.100.000,00; dengan rincian total Rp 253.000.000,00 untuk atlet; dan total Rp 177.100.000,00 untuk pelatih.
“Pemerintah Provinsi tetap akan memberikan perhatian dan memberikan bonus sesuai dengan prestasi yang didapat,” tutup Irwan.
Sumber: Humas Sumbar

Post a Comment

 
Top