GuidePedia

0
Medan (17/11) – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Gatot Pujo Nugroho, melepas iring-iringan karnaval budaya, pada Ahad (16/11) di Lapangan Benteng Medan. Hadir dalam kegiatan itu, Walikota Medan Dzulmi Eldin serta Dandim 0201 Medan.
Usai dilepas Gubsu, iring-iringan karnaval langsung bergerak. Mulai dari puluhan pejalan kaki yang melambai-lambaikan bendera, marching band, engrang, peserta karnaval dengan berbagai pakaian adat yang unik dan menggambarkan keragaman etnis di Sumut, komunitas sepeda ontel, komunitas sepeda motor antik, kelompok berbagai mobil VW, serta mobil jeep willis.
Ketua Panitia Kompas Media Karnaval, Ernes Simanjuntak, mengatakan kegiatan yang digelar merupakan salah satu program kerja dari forum komunikasi daerah Kompas Gramedia Medan dan Aceh.
“Kita mengadakan event seperti ini setiap tahun. Biasanya tahun sebelumnya hanya mengadakan kegiatan jual buku dan menggelar kompetisi-kompetisi. Sedangkan tahun ini kita coba menggali budaya-budaya dan kreativitas orang Medan dengan menggelar karnaval,” katanya.
Ernes menambahkan bahwa tujuan karnaval ialah menyampaikan kepada masyarakat untuk mengembangkan dan membangkitkan kembali budaya serta komunitas-komunitas yang ada di Medan.
“Banyak acara yang kita lakukan, selain karnaval juga kita perkenalkan unit-unit Kompas Gramedia yakni Surat Kabar Kompas, Tribun Radio Senora, Hotel Santika, dan lainya. Semua mempunyai perwakilan di Medan. Ada sekitar 10 sampai 12 unit di bawah naungan Kompas Gramedia,” jelas Ernes.
Selama berdirinya Forum Komunikasi Kompas Gramedia sekitar 4 tahun, baru kali ini digelar acara yang mengangkat tema budaya. “Baru kali ini memang kami mengangkat budaya dan jajanan makanan tradisional yang ada di Sumut, termasuk kopi asli Sumut. Kita harap (kegiatan-red) ini dapat digeral tahun-tahun selanjutnya,” tutup Ernes.
Sumber: http://www.gatotpujonugroho.co

Post a Comment

 
Top