GuidePedia

0
KabarPKS.com - Bandar Lampung (26/11) – Menanggapi pemberitaan tentang potensi putus kuliahnya putra Lampung yang menempuh pendidikan di Institut Teknologi Sumatera (Itera) dimana perkuliahannya dititipkan di ITB, Bandung, Jawa Barat, karena terhambat dalam bantuan subsidi pembiayaan pendidikan melalui APBD Provinsi Lampung, Anggota Komisi V DPRD Lampung, Mufti Salim angkat bicara.

Di ruang Fraksi PKS, Mufti menyampaikan bahwa 88 orang berpotensi putus di tengah jalan, oleh karena persoalan terhambatnya subsidi biaya perkuliahan dari Pemda Provinsi Lampung melalui APBD yang disebabkan hadirnya Keputusan Presiden tentang status PTN (Perguruan Tinggi Negeri) pada Itera.

“Secara pasti besok Rabu (26/11), komisi V akan mendengar penjelasan resmi dari Disdik Provinsi Lampung,” kata Mufti Salim, Selasa (26/11).

Mufti menjelaskan bahwa dari data yang ia punya, di Itera per Agustus 2014, jumlah mahasiswa sebanyak 166 orang terdiri dari tiga angkatan yang dimulai pada tahun 2012 sebagai angkatan pertama.

“Angkatan pertama berjumlah 57 orang, angkatan kedua 42 orang dan angkatan ketiga 67 orang mahasiswa” jelas Mufti. “Dan dari 166 mahasiswa, 52 diantaranya berasal dari Provinsi Lampung,” tambah wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Lampung ini.

Menurut Mufti, dirinya dan rekan-rekannya di komisi V DPRD ingin mengetahui detil duduk persoalannya seperti apa, sebab Institut Teknologi Sumatera/Itera adalah salah satu institut dari 2 Institut baru selain Institut Teknologi Kalimantan (Iteka) dan 2 institut yang telah mapan, yakni ITB dan ITS, dimana putra-putri terbaik bangsa menimba ilmu bidang teknologi dan sains, termasuk putra-putri Lampung.

Untuk itu, mengingat persoalan pendidikan merupakan salah satu hak dasar warga, bersama Komisi V yang membidangi kesejahteraan rakyat, Mufti akan mendengar penjelasan resmi dari Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Lampung sehingga dapat dirumuskan solusi jangka pendek, menengah dan panjang. Mufti meyakini bahwa terkait persoalan ini Gubernur tidak akan tinggal diam, sebab Mufti percaya bahwa Gubernur konsen dengan peningkatan kualitas SDM di Provinsi Lampung

Post a Comment

 
Top