GuidePedia

0
Samarinda (15/11) - Tuntutan masyarakat agar Kalimantan Timur (Kaltim) diberi status Otonomi Khusus (Otsus) didukung penuh anggota DPR RI asal Kaltim, Hadi Mulyadi. Menurutnya, segala upaya untuk memberikan keadilan bagi masyarakat Kaltim harus didukung oleh seluruh masyarakat. Karena itu dia menyerukan persatuan seluruh komponen masyarakat agar perjuangan tidak sendiri-sendiri.
Hadi, yang ditemui di salah satu hotel berbintang Kota Samarinda dalam rangka penggalangan dana kemanusiaan untuk rakyat Palestina menyatakan, persatuan dan kesatuan masyarakat harus dibangun agar “semangat serius” itu muncul. Jika ada keseriusan, maka posisi tawar Kaltim akan kuat di mata pemerintah pusat.
“Selama ini ada kesan masyarakat Kaltim tidak bersatu. Hal itu pernah terjadi ketika perjuangan dana bagi hasil migas (minyak bumi dan gas alam-red) pusat dan daerah gagal di Mahkamah Konstitusi. Agar kuat, kita harus bersatu,” tuturnya.
Dilanjutkan Hadi, Kaltim harus mendapat pembagian dana secara adil dari pemerintah pusat. Sampai saat ini, pembagian itu dinilai belum adil dan tidak memihak pada pembangunan di Kaltim. “Intinya adalah keadilan pembagian dana. Untuk itu, rekan-rekan di DPRD Kaltim, DPR RI, dan pemerintah daerah harus bersinergi dan berjuang keras untuk pembangunan Kaltim,” tegasnya.
Hadi mengaku sudah mendengar riak-riak masyarakat yang menginginkan Otsus untuk Kaltim. Menurutnya, tuntutan tersebut merupakan buah ketidakadilan perlakuan yang diterima masyarakat atas kebijakan pemerintah pusat. Oleh karena itu, Hadi berharap arah kebijakan pembangunan Kaltim kedepan harus dikaji dan ditinjau ulang jajaran Kabinet Kerja Jokowi.
“Pembangunan di Kaltim sangat tertinggal dibanding Pulau Jawa. Seharusnya pemerintahan Jokowi nantinya memberikan porsi yang besar untuk Kaltim,” pungkasnya. (hms-2)
Keterangan foto: Hadi Mulyadi saat berorasi pada kampanye akbar PKS Kaltim di lapangan parkir GOR Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur, (2/4). Sumber Tempo/Firman Hidayat.
Baca juga: 
Pembangunan Rel Kereta Api Harus Dilanjutkan

Post a Comment

 
Top