GuidePedia

0
Semarang (6/11) - PKS Kota Semarang mengimbau para ibu, terutama kader PKS, untuk tidak hanya mengandalkan sekolah sebagai sarana pendidikan agama dan mental. Pada dasarnya, kewajiban mendidik anak ada pada orang tua. Hal ini disampaikan oleh Ketua Bidang Perempuan PKS Kota Semarang, Rini Tri Utami.

Rini menegaskan bahwa sekolah hanya sarana yang digunakan untuk membantu orang tua untuk memberikan pendidikan agama dan mental. Namun, faktor terpenting ialah peran orang tua. Oleh karena itu, Rini menegaskan agar para orang tua dan ibu - terutama kader-kader PKS - agar tidak hanya memasrahkan pendidikan anak kepada pihak sekolah.

"Terkadang orang tua merasa sudah cukup menyekolahkan anak mereka di sekolah Islam, namun minim pendidikan di rumah. Padahal, meskipun sudah disekolahkan di sekolah Islam, faktor orang tua dalam mendidik juga sangat penting," ungkapnya.

Ibu dengan enam anak ini menambahkan ada juga kasus anak yang menuntut ilmu di sekolah Islam, namun tidak memiliki kualitas agama dan mental yang bagus. Hal ini banyak disebabkan lingkungan keluarga yang kurang kondusif dan minimnya peran orang tua. 

"PKS Kota Semarang kedepan akan mencoba mengadakan program pendidikan parenting, terutama untuk ibu-ibu. Agar selain pendidikan di sekolah, ibu juga bisa memerankan fungsi pendidikan anak. Dengan demikian, pendidikan agama dan mental - baik di sekolah maupun dari orang tua - dapat berjalan maksimal," tutup Rini.

Sumber: pkssemarang.org

Post a Comment

 
Top