GuidePedia

0

Jakarta (4/11) – Anggota DPRD DKI Jakarta menerima kunjungan anggota Parlemen Kota Seoul, Seoul Metropolitan Council Korea Selatan, Selasa (4/11) di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Kunjungan rombongan anggota parlemen Negeri Ginseng ke Jakarta tersebut merupakan yang kedua. Sebelumnya, anggota Parlemen Seoul melakukan kunjungan pertama beberapa bulan menjelang Pemilihan Umum 2014.
Rombongan diterima langsung oleh Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Adi Marsudi. Turut mendampingi pula Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Selamat Nurdin; Anggota Fraksi PKS, Nasrullah dan Achmad Zairofi; serta sejumlah anggota DPRD dari fraksi lainnya.
Beberapa hal yang dipertanyakan anggota dewan Kota Seoul antara lain terkait Peraturan Tata Ruang Kota, Transportasi, Perdagangan, dan Industri. “Mengenai Peraturan Tata Ruang Kota, di DKI Jakarta pembaharuannya setiap 30 tahun sekali, dan baru tahun 2013 lalu peraturan untuk membangun Kota Jakarta kembali disahkan,” jelas Anggota DPRD Fraksi PKS, Achmad Zairofi.
Selain itu, Zairofi melanjutkan, dari sisi permasalahan transportasi, seharusnya DKI Jakarta banyak belajar dari Korea. “Transportasi yang kita miliki perlu dikembangkan, dan kami banyak belajar dari Korea yang sudah canggih dan terdigitalisasi,” imbuh Zairofi.
Sementara itu, pimpinan rombongan Seoul Metropolitan Council, Kim In Ho, mengatakan kerja sama parlemen kota antara Jakarta dan Seoul telah dimulai sejak tahun 1984. Kerja sama tersebut semakin meningkat di periode 2000-an. “Kerja sama ini akan semakin ditingkatkan, karena pada dasarnya kerja sama antara Indonesia dan Korea sendiri telah dimulai dari 40 tahun lalu,” jelas Kim In Ho.
Kunjungan anggota parlemen Seoul merupakan bagian dari kunjungan balasan anggota parlemen DKI Jakarta. Pada tahun 2013, anggota parlemen DKI Jakarta berkunjung ke Korea Selatan dalam rangka studi banding Tata Kota Seoul. Fraksi PKS sendiri saat itu diwakilkan oleh Nasrullah dan Achmad Zairofi.
Sumber: Humas DPW PKS DKI Jakarta

Post a Comment

 
Top