GuidePedia

0
Ketua Bidang Humas DPP PKS, Mardani Ali Sera (kanan) bersama Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (kiri) di Rumah Dinas Gubernur Jawa Barat, Pakuan, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/12).
KabarPKS.com - Bandung (13/12) – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengakui pentingnya peran media atau kehumasan dalam menjadikan sosok nobody to be somebody. Berdasarkan fenomena pemilihan pemimpin Indonesia saat ini, masyarakat terpukau dengan ketokohan seseorang bukan karena ia orator handal ataupun substansi pidato secara keseluruhan. Melainkan, kata Aher, terdapat kalimat dalam pidato seseorang yang dimediakan hingga memukau masyarakat.

Pesan tersebut disampaikan Aher ketika menerima kunjungan Tim Humas Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Rumah Dinas Gubernur, Geduang Pakuan, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/12). Aher mengatakan sebagai umat yang terbaik, manusia wajib menyebarkan kebaikan, dan peran tersebut merupakan salah satu landasan kerja Bidang Hubungan Masyarakat (Humas). Terutama bagi institusi publik seperti partai politik, ketokohan seseorang tidak dapat dibangun sendiri, melainkan kerja sama berbagai pihak terutama awak media atau humas.

“Kita ini bekerja bukan sekedar mengejar kekuasaan. Kita memiliki tujuan sebagai gerakan dakwah, menebar kebaikan secara keseluruhan. Konteks ini jangan sampai menyendiri karena kita membawa nama besar untuk kebaikan. Gerbang ini yang harus kita bangun bersama. Kata Imam Al-Ghazali, kalau mau menang kerjanya parsial, tidak akan terkejar. Tetapi kejarlah dengan cara yang paling efektif. Bukan hanya fasih bicara fiqih, politik, dan akidah, tetapi juga pemikiran, politik, dan kekuasaan,” ujar peraih penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2014 tersebut.

Sebagai kader senior PKS, Aher memahami kesulitan dan tantangan kader lain yang masih sulit mensinergikan tarbiyah (pendidikan) dan siyasah (politik). “Meskipun tabiatnya berbeda, tarbiyah dan siyasah itu tidak bisa dipisahkan. Tarbiyah itu cenderung lambat, sedangkan siyasah itu tabiatnya cepat. Keduanya harus diseimbangkan, saling membantu. Modal siyasah dari tarbiyah, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, harus saling menyesuaikan,” ucap peraih gelar Master Sains dari Institut Pertanian Bogor (IPB) itu.

Kunjungan Tim Humas DPP PKS ke Aher merupakan salah satu agenda roadshow dalam rangka mempererat silaturahim sekaligus menyusun profiling dari para tokoh partai khususnya kader PKS yang saat ini menjabat sebagai kepala daerah. Ketua Bidang Humas DPP PKS, Mardani Ali Sera mengatakan, Humas menyadari bahwa tokoh-lah yang dapat mengangkat institusi. Hal ini disebabkan masyarakat memberikan persepsi kepada suatu institusi dari tokohnya.

“Saat ini kami sedang melakukan konsolidasi dengan humas dari seluruh DPW (Dewan Pengurus Wilayah-red) se-Indonesia. Kami ingin tokoh-tokoh yang didatangi tidak hanya milik masyarakat lokal. Baik kader yang menjadi kepala daerah maupun pimpinan lembaga, semua berpotensi menjadi ikon nasional. Kami (humas-red) sangat ingin bersinergi dengan tim dari tokoh-tokoh yang ada,” jelas Mardani.

Post a Comment

 
Top