GuidePedia

0
JAYAPURA (29/11) - Setelah dilantik menjadi aleg DPR Papua pada 31 Oktober 2014, Kusmanto memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Jika saat menjadi aleg kabupaten tanggung jawabnya hanya meliputi sejumlah distrik, kini ia memiliki amanah untuk membela aspirasi masyarakat di Dapil 7 Papua yang berlokasi di wilayah pesisir selatan, meliputi Kabupaten Merauke, Asmat, Boven Digul, dan Mappi.
Kusmanto memiliki obsesi besar akan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah selatan Papua. Langkah yang ia tempuh ialah dengan terlebih dahulu memperjuangkan terbukanya isolasi wilayah.
“Saat ini yang diperlukan ialah pembukaan rute transportasi kapal laut yang siap hilir mudik melayani wilayah-wilayah selatan Papua ini. Hal ini diperlukan, mengingat bahwa kapal yang ada saat ini baru mampu menjangkau sejumlah wilayah di pesisir selatan Papua. Akibatnya, banyak wilayah yang seharusnya bisa dijadikan sentra pertumbuhan ekonomi kawasan, namun karena belum terhubung oleh transportasi, akhirnya menjadi kawasan terisolasi,” ujarnya.
Kusmanto juga mengkritisi kesulitan akses masyarakat yang tinggal di pedalaman Papua. “Jika di wilayah pesisir selatan Papua saja masih ada yang terisolasi, apalagi dengan daerah yang terkategori pedalamannya. Untuk membuka isolasi wilayah pedalaman ini, pemerintah perlu memperkuat transportasi udara, serta perencanaan yang matang terkait pembangunan infrastruktur jalan yang memadai,” jelas Kusmanto.
Salah satu usulan Kusmanto yang dianggap cukup radikal namun dapat membawa dampak besar bagi percepatan pembangunan wilayah selatan Papua ialah pembangunan sarana penyeberangan yang menghubungkan Merauke dan Mappi.
“Dengan sarana penyeberangan ini, kendaraan dari Merauke yang membawa barang bisa langsung masuk ke dalam kapal yang akan membawanya ke Mappi. Demikian pula sebaliknya, hasil-hasil pertanian dari Mappi bisa langsung diangkut oleh kendaraan yang akan diseberangkan oleh kapal menuju Merauke,” usul aleg yang mulai berjuang di ranah politik sejak tahun 2009 di DPRD Merauke itu.
Dengan terbukanya transportasi di wilayah selatan Papua, Kusmanto berharap akses barang dan jasa warga dapat lebih mudah dan lancar. Sehingga, harapan warga akan kemajuan Papua, terutama wilayah pesisir selatan bukan hanya isapan jempol belaka. 
Sumber Foto: http://tabloidjubi.com
Sumber: PKS Papua

Post a Comment

 
Top