GuidePedia

0

Jakarta (15/12) - Pimpinan DPR segera menggalang dana bantuan untuk membantu masyarakat yang menjadi korban musibah tanah longsor di Banjarnegara, Jawa Tengah. Dana bantuan diambil dari gaji para Pimpinan dan Anggota DPR RI.

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyampaikan hal tersebut di DPR, Senin (15/12). Fahri sendiri yang kelak akan memimpin delegasi DPR ke Banjarnegara. Disampaikan Fahri, program dana bantuan musibah ini sebetulnya sudah digerakkan oleh mantan Ketua DPR Marzuki Alie. Dan kini program tersebut diteruskan untuk menghimpun dana bila ada musibah yang menimpa masyarakat di seluruh daerah di Indonesia.

“Kita akan mengorganisir kunjungan secepatnya. Kebetulan saya yang memimpin,” ujar Fahri. Ada dua hal penting, sambung Fahri, dalam mengorganir dana bantuan. Dana diambil dari pos gaji pimpinan dan anggota, bukan dari APBN. Hal penting lainnya, DPR segera berkoordinasi dengan pemerintah untuk mendistribusikan bantuan tersebut. “Ini gerakan yang sudah dimulai sejak zaman Pak Marzuki,” ungkapnya lebih lanjut.

Ditambahkannya, pada 7 Januari 2015, pemerintah akan mengajukan APBN Perubahan. Di sinilah saatnya membicarakan pos anggaran sekaligus mitigasi bencana. Untuk soal mitigasi, Pemerintah dan DPR akan melacak berbagai lokasi rawan bencana di daerah yang seharusnya tidak dihuni masyarakat.

“Kita tidak mau masalah ini berulang terus menerus. Pemerintah harus punya pos yang besar untuk melacak terjadinya bencana. Sebelum dan sesudah musim harus ada pelacakan kepada daerah-daerah yang sudah rawan. Harus ada keberanian untuk ambil kebijakan bahwa daerah itu tidak boleh ditempati, sebab akan mendatangkan bencana yang jauh lebih besar,” papar Fahri. (mh) foto: andri/parle/od

Sumber: www.dpr.go.id

Post a Comment

 
Top