GuidePedia

0
KabarPKS.com - Banjarnegara (14/12) - Longsor yang terjadi di Dusun Jemblung Desa Sampang, kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah menimbun rumah warga sekitar 33 bangunan. Longsor terjadi pada Jumat (12/12) pukul 17.50 WIB. Berdasarkan penuturan relawan foto Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Widodo Pratama yang berada di lokasi bencana sesaat setelah terjadi longsor.

"Jalan tidak bisa dilalui, sementara penanganan penerangan dilakukan dengan lampu mobil polisi dan warga untuk menerangi lokasi  yang tertimbun. Dari tim penyelamat sudah ada mencapai lokasi, tapi korban masih dalam tahap identifikasi, karena puluhan rumah tertutup tanah," tuturnya.

Dia melanjutkan, dari salah satu longsor tampak bangunan satu rumah yang terlihat atapnya, dan terdengar suara minta tolong. "Dengan tim bantuan dari TNI, POLRI, BPBD dan relawan lainnya bersama untuk membantu warga yang masih selamat," tambahnya.

Setelah berhasil, dia mengungkapkan, masih terkendala kondisi longsor yang sangat tebal dengan tanah berlumpur. Ditambah harus menyeberangi sungai, sehingga penyelamatan korban terkendala. "Karena sungai mulai deras. Dengan kerja sama tim penyelamat akhirnya warga yang terlihat masih hidup bisa diselamatkan," ungkapnya.

Wawan, salah satu korban yang selamat mengatakan, dirinya saat longsor terjadi sedang menyelesaikan pekerjaan. "Sedang bekera di rumahnya mbah untuk memasang plapon ternit, namun pada pukul 17.50 WIB tiba tiba tanah longsor, dalam waktu 2 menit semua rumah telah tertutup dengan tanah,” katanya ketika ditemui di Puskesmas saat menerima perawatan. Korban yang selamat dirujuk ke Puskesmas terdekat dan ke RSUD Banjarnegara. Sementara sekitar 110 sampai 120 jiwa diduga masih tertimbun tanah.

Belum diketahui berapa total kerugian akibat bencana longsor ini. Pencarian korban terus dilakukan hingga Sabtu dini hari. Namun karena kondisi cuaca sudah tidak memungkinkan, pencarian dihentikan sekitar pukul 02.00 WIB dini hari dan dilanjutkan pada Sabtu pagi.


Berikut foto-foto eksklusif dari Relawan PKS Foto Kabupaten Banjarnegara, Widodo Pratama:











Post a Comment

 
Top