GuidePedia

0
Jakarta (4/12) - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta mengatakan, bahwa sepanjang perjalanan Partai Golkar dalam catur perpolitikan di Indonesia, PKS banyak mengambil pelajaran.
"Sebagai partai yang masih belia, kami selalu memandang partai-partai besar, seperti Golkar, dengan semangat pembelajaran," kata Anis, di Jakarta, Kamis (4/12).
Dia menjelaskan, ada banyak hal menarik yang bisa dipelajari dari Golkar, salah satunya, ujar Anis, adalah mekanisme pemilihan pemimpin, manajemen konflik, dan proses rekonsiliasi yang menyertainya.
"Ini menarik, karena Golkar sebagai partai terbuka telah berhasil melewati begitu banyak turbulensi dan mereka eksis dengan segudang karya hingga saat ini," ungkap mantan Wakil Ketua DPR RI itu.
Selain itu, menurut Anis, yang tak kalah menarik adalah belajar dari kemampuan adaptasi Golkar yang begitu cepat.
"Bayangkan, selama 50 tahun berada di dalam pemerintahan. Saat ini Golkar menjadi partai penyeimbang yang berada di luar pemerintahan, untuk pertama kalinya, dan Golkar mengambil keputusan itu melalui proses yang elegan, cantik, dan juga asyik," terang Anis.
Pria kelahiran Bone itu mengungkapkan, hal itulah kesan yang dia peroleh ketika di Munas Golkar, Aburizal berulang-ulang menegaskan keberadaan Golkar dalam Koalisi Merah Putih (KMP).

Post a Comment

 
Top