GuidePedia

0
Bandar Lampung (15/12) - Pemahaman seluruh lapisan masyarakat terhadap empat pilar kebangsaan, yang terdiri dari Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika dianggap sebagai solusi pertahanan dan keamanan negara. Indonesia yang merupakan negara kepulauan sehingga terbuka lebar peluang untuk dimasuki dan dipengaruhi bangsa lain yang bertujuan untuk memecahbelah. “Pehamanan empat pilar kebangsaan ini dapat merekatkan kembali nasionalismen kita,” kata Ketua Fraksi PKS MPR RI Sunmanjaya Rukmandis dalam Seminar Nasional Ketatanegaraan dalam rangka sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Kegiatan tersebut digelar di Hotel Nusantara, Bandar Lampung, Ahad (14/12).
Selain itu, pemahaman empat pilar kebangsaan juga mampu meredam berbagai konflik yang terjadi di masyarakat. Sumanjaya menyadari, terselenggaranya sosialisasi ini tidak otomatis mencapai tujuannya, namun setidaknya transfer pengetahuan (transfer of knowledge) ini dapat menumbuhkan kesadaran dan meyegarkan kembali pengetahuan masyarakat terhadap Pancasila, UUD NRI 1945, NKRO, dan Bhineka Tunggal Ika. “Paham dalam waktu singkat saya rasa tidak mungkin, tapi semoga setelah ini peserta mau mendalaminya kembali,” ujarnya.
Sumanjaya mengaku prihatin atas terjadinya berbagai konflik antar masyarakat yang terjadi di Lampung. Konflik tersebut menurutnya dipicu oleh berbagai faktor yang cukup kompleks, diantaranya kecumburuan sosial dan kurangnya rasa persatuan. Untuk itu, Ia menghimbau pemerintah daerah untuk lebih aktif terjun langsung ke wilayah rawan konflik untuk mendengar berbagai permasalahan yang terjadi dan memberikan solusi. “Kurangnya perhatian pemerintah ini juga bisa jadi salah satu pemicu,” katanya.
Sosialisasi empat pilar kebangsaan ini kata Sumanjaya merupakan tugas anggota MPR RI yang didelegasikan ke fraksi, termasuk PKS. “Setiap anggota MPR yang terdiri dari DPR dan DPD disebar ke dapil masing-masing untuk mensosialisasikan empat pilar kebangsaan kepada konstituennya,” katanya.
Sementara itu Ketua DPW PKS Lampung Gufron Aziz Fuadi mengatakan ini adalah kali pertama seluruh kader PKS diundang dalam rangka dalam seminar nasional. Harapannya setelah memperoleh informasi mengenai 4 pilar kebangsaan, kader PKS dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam menjalankan program-program partai.
Sumber: Humas PKS Lampung

Post a Comment

 
Top