GuidePedia

0
BANDUNG (1/12) – Grup Marching Band 'Gita Pakuan' yang berada di bawah naungan Biro Humas, Protokol, dan Umum Setda Provinsi Jawa Barat, siap mencetak prestasi bagi Jawa Barat (Jabar).
Grup marching band yang dikukuhkan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar pada 21 April 2014 tersebut sudah mampu meraih banyak prestasi tingkat nasional. Diantaranya Peringkat 6 Nasional Grand Prix Marching Band (GPMB) di Senayan Jakarta 2013, dan Juara Umum Bandung Marching Band Championship (BMBC) Oktober 2014 lalu. Selain itu, pada Juni 2014 Gita Pakuan sukses menjadi Juara Umum Hamengkubuwono Cup di Yogyakarta, dengan memboyong 11 piala dari 12 kategori.
Grup marching band yang didirikan pada 17 Agustus 1995 oleh Gubernur Jawa Barat saat itu, R. Nuriana, akan mengikuti kejuaraan tingkat internasional (World Music Championship) di Thailand. Kompetisi  tersebut diselenggarakan pada 4-7 Desember 2014. Materi yang akan ditampilkan mengambil tema “West Java Scenery (Pesona Jawa Barat)” dengan membawakan lagu-lagu antara lain Manuk Dadali, Genjring Party, dan Es Lilin.  
Untuk mendukung target kemenangannya, Gita Pakuan akan memberangkatkan 110 personel, yang terdiri dari 88 orang anggota reguler marching band, 13 pelatih dan asisten, serta sembilan orang official. Sedangkan pelatih Gita Pakuan terdiri dari 10 orang yaitu Feri, Afdal, Eryck, Dony, Erlan, Yuyun, Wanwan, Nimon, Andreas, dan Sopyan. Sedangkan secara umum, manajemen Gita Pakuan di bawah tanggung jawab Bambang dan Benny.
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) melakukan pelepasan Grup Marching Band Gita Pakuan di Gedung Sate Bandung, Senin (1/12). Pada kesempatan itu, Aher mengaku optimis Gita Pakuan akan kembali mengharumkan nama Jawa Barat. “Di nasional sudah juara umum, mudah-mudahan di tingkat internasional juga jadi juara umum,” ujar Aher penuh semangat.
PRESTASI
Secara historis, Gita Pakuan didirikan sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda yang kreatif di bidang seni musik dan tari bagi putra/putri karyawan di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, serta masyarakat pelajar/mahasiswa di lingkungan Kota Bandung.
Berbagai prestasi dan penampilan penting yang telah berhasil diraih oleh Marching Band Gita Pakuan binaan Pemprov Jawa Barat antara lain:

  1. Selalu berhasil sebagai Finalis Grand Prix Marching Band di Jakarta dan selalu menempati peringkat 10 besar tingkat nasional, mulai tahun 1995 hingga tahun 2007
  2. Finalis Hamengkubuwono Cup di Yogyakarta tahun 1999
  3. Runner Up Gelar Drum Band Merah Putih PWI Tahun 2005 dan 2006
  4. Tampil pada acara Parade Senja di Istana Negara, Jakarta
  5. Tampil pada Upacara Peringatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas)
  6. Tampil pada Upacara Pembukaan Pekan Olah Raga Daerah (PORDA) tahun 2003 di Indramayu, Jawa Barat
  7. Tampil pada Upacara Pembukaan Jambore Nasional Tahun 2006 di Bandung.
  8. Juara 1 Parade Bandung Marching Band Championship 2011
  9. Juara 3 Color Guard Individual Contest Indonesia Ekspresi 2012
  10. Juara 3 Parade Bandung Marching Band Championship 2012
  11. Juara 2 Brass Ensemble Bandung Marching Band Championship 2012
  12. Juara 1 Color Guard Contest Bandung Marching Band Championship 2012
  13. Juara 6 Divisi Umum Grand Prik Marching Band (GPMB) di Jakarta Tahun 2013
  14. Juara Umum pada Kejuaraan Nasional Antar Club Drum Band/Marching Band “Hamengku Buwono Cup” pada Juni 2014
  15. Juara Umum pada Kejuaraan Nasional Antar Club Drum Band/Marching Band “Bandung Marching Band Championship (BMBC)” di Bandung pada Oktober 2014

Post a Comment

 
Top