GuidePedia

0
SERANG (1/12) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten mengaku akan terus memaksimalkan fungsi pengawasan terhadap kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten. Mengingat, Banten diganjar disclaimer dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terhadap laporan pemeriksaan keuangan Pemprov Banten tahun 2013 lalu.
Anggota DPRD Banten, Najib Hamas mengungkapkan, setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemprov Banten harus selalu dipantau dalam pelaksanaannya. Hal itu, lanjutnya, untuk berkaca pada pengalaman pemerintahan sebelumnya yang banyak ditemukan persoalan.
"Salah satu persoalan yang krusial diantaranya tidak adanya penilaian dari BPK atas laporan keuangan Pemprov Banten tahun lalu. Ini sangat miris dan harus menjadi catatan penting," ungkapnya di Serang, Sabtu, 29 /11/2014.
Kebijakan pemerintah, tambah Najib, harus berorientasi kepada kepentingan masyarakat. Dengan demikian, kesejahteraan warga Banten bisa terwujud sesuai cita-cita pembentukan Provinsi Banten. “Adapun kategori masyarakat bisa sejahtera dapat dilihat dari 3 komponen penting seperti pendidikan layak, kesehatan terjamin dan tingkat perekonomian meningkat,” katanya.
Sehingga dengan demikian, tutur Hamas, legislator akan terus mendorong peningkatan penganggaran di tiga komponen tersebut diatas baik pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur yang cenderung dapat mendongkrak meningkatnya perekonomian masyarakat.
“Selain itu DPRD juga akan fokus mendorong APBD mendatang, agar diprioritaskan untuk belanja barang dan jasa. Dengan begitu, penggunaan anggaran yang ditetapkan sesuai kebutuhan warga,” tutur politi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.
Lebih lanjut dia menambahkan, DPRD Banten juga mengajak kepada lapisan masyarakat di tingkat desa agar mampu mengawasi setiap perkembangan pembangunan di wilayahnya masing-masing.
"Kontrol dari masyarakat langsung itu sangat penting. Karena masyarakat yang mengetahui kondisi pembangunan di wilayahnya. Saya mengajak kepada warga agar secara bersama-sama menjadi pengawas kinerja pemerintah,” pungkas anggota dewan dari dapil Banten 2 yang meliputi Kabupaten Serang itu.
Sumber: Humas PKS Banten

Post a Comment

 
Top