GuidePedia

0

MEDAN (24/12) – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Gatot Pujo Nugroho meresmikan gedung baru MAN 2 Model Medan, Rabu (24/12) di Jalan Willem Iskandar Medan. Gubsu juga berkesempatan menandatangani prasasti peresmian dan meninjau gedung baru MAN 2 Model Medan. 

Turut hadir Kakanwil Kemenag Sumut Tohar Bayoangin, Komite MAN 2 Model Medan Aidan Nazwir Panggabean, Kadis Pendidikan Provsu Masri, para guru, dan siswa-siswi MAN 2 Model Medan.

Pada kesempatan itu, Gubsu mengajak siswa-siswi agar menjadikan jiwa dan nilai-nilai keagamaan untuk menjadi inspirasi, motivasi, serta spirit dalam meraih sukses. "Bukan ilmu saja yang harus diraih tetapi juga ilmu yang membuahkan amal dan kebajikan," ujarnya.

Gubsu Gatot juga mengatakan bahwa kunci sukses terbesar adalah kepercayaan, untuk mencapainya perlu persiapan.

“Persiapan itu ada yang berupa hard skill dan soft skill. Tetapi soft skill-lah yang merupakan kunci sukses. SDM yang berdaya saing dan berkualitas merupakan kunci dari kesuksesan. Untuk itu kuasailah teknologi," imbuhnya.

Selain itu, Gubsu juga mengatakan kunci sukses pendidikan adalah kolaborasi dari pihak pendidik, sekolah, pihak keluarga, dan masyarakat. "Pemprovsu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi untuk memajukan MAN 2 Model Medan," katanya.

Di siang yang cukup panas tersebut, Gubsu mengajak siswa-siswi MAN2 Model Medan agar menjadikan metode pendidikan sebagai model pembinaan kepemudaan yang mencoba mengintegrasikan ilmu agama dan ilmu ilmiah.

“Anak-anaku, saya berharap panasnya matahari ini diserap menjadi energi untuk maju dan meraih sukses di masa depan. Saya berharap melalui MAN 2 Model Medan ini kelak akan lahir model generasi muda Islam, pemimpin, dan orang sukses di masa yang akan datang," tutupnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sumut Tohar Bayoangin mengatakan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional tercantum bahwa madrasah berciri khas agama Islam. Dia mengatakan ada stigma menyebut madrasah yang dikelola Kementerian Agama hanya sebagai sekolah mengaji.

Oleh karena itu, Tohar berharap agar stigma tersebut bisa dihilangkan. Menurut Tohar, banyak siswa-siswi dari madrasah yang berhasil mengecap pendidikan di perguruan-perguruan tinggi negeri. 

“Saya berharap sekolah yang dikelola Kementerian Agama sama kedudukannya dengan sekolah yang dikelola Dinas Pendidikan. Madrasah Lebih Baik dan Lebih Baik Madrasah," sebutnya.

Di sisi lain, Kepala Sekolah MAN 2 Model Medan, Burhanuddin menjelaskan pembangunan yang dilakukan di sekolahnya dapat terwujud karena peran dan partisipasi berbagai pihak, khususnya Komite Sekolah. Partisipasi para orang tua menghasilkan terbangunnya lima ruang kelas yang cukup bagus dan baru saja diresmikan Gubernur Sumatera Utara.

"Itu semua demi kepentingan belajar siswa-siswi MAN 2 Model Medan. Saya berharap agar kedepan MAN 2 Model Medan ini dapat melaksanakan Sistem Administrasi Madrasah yang berkualitas dan semuanya berjalan dengan baik,” harapnya.


Sumber: Humas Pemprov Sumatera Utara

Post a Comment

 
Top