GuidePedia

0
MEDAN (2/12) - Dianggap berhasil mendukung gerakan penanaman pohon, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Gatot Pujo Nugroho mendapat penghargaan dari Presiden Joko Widodo pada Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional (HMPI dan BMN) di Desa Tempursari, Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri, Jawa Tengah pada Sabtu (29/11).
“Kegiatan penanaman pohon merupakan wujud kebersamaan pemerintah dengan masyarakat dan para pihak yang peduli serta terpanggil untuk melakukan kegiatan penanaman secara massal. Penanaman dilakukan dengan berbagai pilihan flora, yang kemudian bila tumbuh dan berkembang besar dapat memberi manfaat bagi kelestarian lingkungan hidup,” ujar Gubsu menyikapi penghargaan yang diterimanya.
Dengan gencarnya kampanye gerakan penanaman satu milyar pohon, lanjut Gubsu, usaha yang telah dilakukan pemerintah telah menggugah kesadaran masyarakat dan menunjukkan kemajuan positif.
Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Sumut, Halen Purba, menjelaskan penghargaan yang diterima Gubsu merupakan hasil dari penilaian tingkat keberhasilan Pemerintah Provinsi dalam mengajak berbagai komponen masyarakat untuk giat menanam pohon.
“Penilaian juga berdasarkan bukti dari meningkatnya kegiatan penanaman pohon dan semakin banyaknya permintaan bibit pohon untuk ditanam masyarakat di pekarangan rumah, sekolah, rumah ibadah, kantor, dan lahan perladangan,” jelas Halen kepada pewarta di Medan, Selasa (2/12).
Komitmen Pemprov Sumut mendukung Gerakan Penanaman Pohon Satu Milyar setiap tahun direalisasikan dalam bentuk Keputusan Gubsu Nomor: 188.44/225/kpts/2012 tanggal 27 Maret 2012. Berdasarkan keputusan tersebut ditetapkan pula Bulan Maret sebagai Bulan Memelihara Pohon Provinsi Sumatera Utara. Dengan keputusan tersebut, Pemprov berharap persentase pohon yang ditanam dapat meningkat.
HMPI dan BMN merupakan kegiatan tahunan yang diatur dalam Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008 tentang Hari Menanam Pohon Indonesia. Halen menyebutkan realisasi penanaman satu miliar pohon di Provinsi Sumatera Utara sejak tahun 2010 sampai bulan September 2014 telah mencapai 245.129.005 batang atau rata rata 225.000 hektar lahan kritis telah tertanam.
Pada peringatan HMPI dan BMN 2014 Gubsu menerima piala Juara II Lomba Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon Tingkat Nasional (Kategori Provinsi) seluruh Indonesia. Selain Sumut, Provinsi Jawa Barat dan Lampung juga mendapatkan Juara Pertama dan Ketiga.
Sedangkan pada tingkat kabupaten, penghargaan diberikan kepada Bupati Minahasa Selatan, Deli Serdang, dan Cilacap. Sementara itu, untuk tingkat kota penghargaan diberikan kepada Wali Kota Lhokseumawe, Jakarta Utara, serta Tangerang Selatan. Penghargaan atas upaya melestarikan lingkungan hidup tersebut langsung diserahkan oleh Presiden Joko Widodo.
Sebagai tindaklanjut dari Keppres 24/2008, pemerintah melakukan Gerakan Penanaman Serentak 100 Juta Pohon pada 2008. Sedangkan pada tahun 2009 diselenggarakan Gerakan One Man One Tree dengan target 230 juta pohon, yang ternyata terealisasi sebanyak 250 juta pohon. Pada peringatan HMPI dan BMN tahun 2009 itu, Presiden RI mengeluarkan amanat untuk melakukan Penanaman Satu Milyar Pohon setiap tahun.
Berdasarkan data dari setiap provinsi, realisasi penanaman pohon pada tahun 2010 sebanyak 1,3 milyar pohon. Di tahun 2011 jumlah pohon yang tertanam sebanyak 1,5 milyar. Pada tahun 2012 tertanam sebanyak 1,6 milyar pohon. Sedangkan di tahun 2013 sebanyak 1,8 milyar pohon. Sementara itu, pada tahun 2014 pemerintah menargetkan jumlah yang tertanam menembus angka 2 milyar pohon.
Sumber: http://www.gatotpujonugroho.co

Post a Comment

 
Top